Implementasi manajemen pendidikan karakter sopan santun pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso

Malinda, Syafira (2022) Implementasi manajemen pendidikan karakter sopan santun pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Syafira Malinda_T20183023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Syafira Malinda, 2022: Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Sopan
Santun Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso
Dalam kehidupan sehari-hari sopan santun sangat penting terlebih di era tekhnologi seperti sekarang. Untuk itu peran manajemen pendidikan karakter sangatlah penting, ibarat anak yang lahir itu bagaikan kertas putih bersih, dimana kertas putih tersebut dapat ditulisi dengan berbagai macam warna tinta, dengan adanya pengelolaan pendidikan karakter di sekolah yang efektif dan efisien menjadi kunci sukses dalam pengimplementasian pendidikan karakter di sekolah.
Fokus penelitian yang diteliti yaitu: 1) Bagaimana perencanaan manajemen pendidikan karakter sopan santun pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?; 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan
karakter sopan santun pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?; 3) Bagaimana evaluasi manajemen pendidikan karakter sopan santun pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan manajemen
pendidikan karakter sopan santun pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri
Bondowoso. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pendidikan karakter sopan santun pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. 3) Mendeskripsikan evaluasi manajemen pendidikan karakter sopan santun pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif
dengan jenis penelitian naratif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu:
Pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi
sumber. Adapun hasil dari penelitian ini, diantaranya: 1) Perencanaan dibahas
dalam rapat yang dilakukan oleh PGA. Hasil rapat tersebut yang menjadi kebiasaan yaitu adanya S3Q, adanya jargon; 2) Pelaksanaan manajemen pendidikan karakter sopan santun pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso dilakukan dengan cara yaitu: Mengintegrasikan pendidikan karakter sopan santun kedalam seluruh mata pelajaran, mengintegrasikan kedalam kegiatan sehari-hari di madrasah, melalui keteladanan dan pembiasaan rutin,
mengintegrasikan pendidikan karakter kedalam kegiatan yang diprogramkan serta
membangun komunikasi kerjasama antar madrasah dengan orang tua peserta
didik; 3) Evaluasi manajemen pendidikan karakter sopan santun pada peserta
didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso meliputi, evaluasi setiap hari oleh
guru melalui teguran langsung maupun pemberian nasehat kepada peserta didik,
evaluasi juga diadakan setiap minggu melalui media setelah upacara, evaluasi juga dilakukan setiap bulan oleh PGA.
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Karakter, Sopan Santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syafira Malinda
Date Deposited: 18 Jan 2023 00:51
Last Modified: 18 Jan 2023 00:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17765

Actions (login required)

View Item View Item