Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Beragama Di Sekolah Dasar Negeri Semboro 04 Jember

Wardan Johan, Naufal (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Beragama Di Sekolah Dasar Negeri Semboro 04 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI REVISI-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Upaya guru dalam peran pendidikan agama diharakan dapat menumbuhkan sikap toleransi antarumat beragama pada siswa. Melalui pendidikan agama diharapkan dapat menumbuhkan tata nilai yang nantinya ikut berperan dalam mengantisipasi konflik keagamaan dan menuju perdamaian abadi. Pendidikan dianggap sebagai instrument penting dalam penanaman nilai-nilai toleransi.
Focus yang peneliti ambil dari penelitian ini adalah bagaimana upaya guru PAI dalam penanaman nilai-nilai toleransi beragama pada kegiatan pembelajaran dan pada lingkungan sekolah SD Negeri Semboro 04?
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam penanaman nilai-nilai toleransi beragama pada kegiatan pembelajaran dan pada lingkungan sekolah SD Negeri Semboro 04.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Penetuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpuan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber.
Hasil penelitiannya adalah: pertama upaya guru PAI dalam penanaman nilai-nilai toleransi beragama pada kegiatan pembelajaran dan lingkungan sekolah SD Negeri Semboro 04 di temukan hasil bahwa semua siswa melakukan doa bersama saat akan memulai pembelajaran sesuai keyakinan dan agama masing-masing. Selain itu, pihak sekolah juga memberikan Kelonggaranaran kepada siswa non-muslim pada saat mata pelajaran PAI. Siswa bebas menyampaikan hak dan pendapat yang mereka miliki tanpa membeda-bedakan. Kedua ditemukan hasil bahwa penanaman nilai-nilai toleransi beragama pada lingkungan sekolah semua guru tidak membedakan perbedaan yang ada pada semua kegiatan yang ada kecuali yang berkaitan dengan keyakinan. Pada kegiatan hari besar nasional semua siswa mengikuti kegiatan dengan rukun dan damai. Siswa Kristen diberikan kelonggaran untuk tidak mengikuti pembelajaran pada saat hari besar keristen seperti hari Natal. Pendidikan Keagamaan masing-masing agama tersusun secara terjadwal sehing berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wardan Johan Naufal
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:01
Last Modified: 18 Jan 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17771

Actions (login required)

View Item View Item