PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING KELAS V-C DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sa'adah, Kumala (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING KELAS V-C DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
KUMALA SA'ADAH_T20184047 (PGMI).pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran tematik, Model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining.
Pembelajaran tematik lebih menekankan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Maka dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk merangsang peserta didik agar menjadi lebih aktif dalam belajar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan penerapan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining kelas V-C di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023?. 2) Bagaimana problematika penerapan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining kelas V-C di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023?. 3) Bagaimana dampak penerapan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining kelas V-C di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan, problematika, dan dampak penerapan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining kelas V-C di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research (penelitian lapangan). Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana. yang terdiri dari data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Kemudian keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Pelaksanaan penerapan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining meliputi: a) perencanaan: guru membuat dan mengembangkan silabus dan RPP yang didalamnya disertai model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining, guru menyiapkan LKPD dan media pembelajaran, guru menyiapkan materi. b) pelaksanaan: terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. c) evaluasi: meliputi tiga aspek yaitu, kognitif, afektif, dan psikomotorik, berupa tes lisan dan tes tulis. 2) Problematika dalam penerapan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining meliputi problematika guru: pengelolaan kelas yang kurang maksimal, guru kesulitan dalam membuat media pembelajaran. Problematika peserta didik: kurang antusias dan kurang konsentrasi dalam pembelajaran. 3) Dampak penerapan pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining meliputi: dampak positif bagi guru yaitu, mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyampaikan materi, dan guru tidak terlalu capek. Sedangkan dampak negatifnya yaitu, waktu yang diperlukan cukup banyak. Dampak positif bagi peserta didik yaitu, meningkatkan kerja sama peserta didik dalam kelompok, meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik, serta meningkatkan pemahaman peserta didik. Sedangkan dampak negatifnya yaitu, terdapat peserta didik yang belum bisa menghargai temannya saat presentasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Sa'adah Kumala
Date Deposited: 20 Jan 2023 09:35
Last Modified: 20 Jan 2023 09:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17774

Actions (login required)

View Item View Item