Peran guru pendidikan agama Islam (PAI) Dalam Membentuk sikap Toleransi Beragama Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Jember

Muhammad, Feriyanto (2022) Peran guru pendidikan agama Islam (PAI) Dalam Membentuk sikap Toleransi Beragama Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN khas jember.

[img] Text
skripsi Mohammad Feriyanto.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sikap toleransi merupakan salah satu sikap sosial yang sangat penting di tanamkan kepada siswa, sesuai dengan tujuan pendidikan yang tidak hanya mempelajari ilmu pengetahuan saja, tetapi membentuk sikap dan karakter. Toleransi merupakan sikap menghargai, membiarkan, membolehkan, pandangan, pendapat, kebiasaan kepercayaan dan lain sebagiannya yang berbeda dengan pendiriannya sendiri. Pembentukan sikap toleransi ini dapat dilakukan melalui proses pembelajaran di sekolah, salah satunya melalui mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI).
Fokus penelitian ini adalah 1)Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk sikap toleransi antar umat beragama siswa di Sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 1 Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk sikap toleransi antar umat beragama siswa di Sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 1 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui peran guru Pendididkan Agama Islam dalam membetuk sikap toleransi beragama siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Jember. 2) mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk sikap toleransi beragama siswa di SMPN 1 Jember.
Untuk mengidentifikasi permaslahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kulitatif deskriptif. Menggunakan pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini memproleh kesimpulan 1) peran guru Pendididkan Agama Islam dalam membetuk sikap toleransi beragama siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Jember. Melalui dua kegiatan yaitu kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan kegiatan pembelajaran di luar kelas. 2) faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk sikap toleransi beragama siswa di SMPN 1 Jember. yaitu adanya materi pembelajaran PAI di kelas dan sikap teladan dari guru-guru dalam memberi contoh sikap toleransi antar umat beragama. Demikian pula sikap siswa yang saling membantu dan bekerjasama tanpa memandang perbedaan agama. Sedangkan faktor penghambat hanya seputar perbedaan pendapat pada hal-hal yang dapat menyebabkan konflik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220401 Christian Studies (incl. Biblical Studies and Church History)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Mohammad Feri Yanto
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:44
Last Modified: 17 Jan 2023 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17779

Actions (login required)

View Item View Item