Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Islam Gumukmas Jember

Muhammad, Ainul Yaqin (2022) Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Islam Gumukmas Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skpripsi Muhammad Ainul Yaqin T20181129.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya mencerdaskan bangsa. Melalui pendidikan, bangsa Indonesia akan memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas dan akhlak yang baik. Upaya pendidikan akhlak dapat ditanamkan melalui berbagai macam metode, salah satunya yakni melalui kajian kitab Ta’lim Muta’allim. Kitab Ta’lim Muta’allim merupakan kitab yang membahas mengenai akhlak seorang penuntut ilmu. Seorang penuntut ilmu yang mengkaji isi kandungan kitab Ta’lim Muta’allim akan mengetahui segala hal yang boleh dilakukan maupun yang tidak boleh dilakukan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kajian kitab Ta’lim Muta’allim dalam meningkatkan akhlak kepada Allah SWT bagi siswa di SMPI Gumukmas Jember?; 2) Bagaimana kajian kitab Ta’lim Muta’allim dalam meningkatkan akhlak kepada manusia bagi siswa di SMPI Gumukmas Jember?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Kajian kitab Ta’lim Muta’allim dalam meningkatkan akhlak siswa kepada Allah SWT di SMPI Gumukmas Jember dapat menanamkan nilai-nilai akhlak dalam diri siswa. Penerapan nilai-nilai akhlak siswa kepada Allah SWT tercermin dalam pelaksanaan pembiasaan pagi mengaji surah Yasiin, shalat dluha berjamaah serta penanaman sifat ihsan, ikhlas dan sabar dalam menuntut ilmu; 2) Kajian kitab Ta’lim Muta’allim dalam meningkatkan akhlak siswa kepada manusia di SMPI Gumukmas Jember dapat menanamkan nilai-nilai akhlak dalam diri siswa. Penerapan nilai-nilai akhlak siswa tercermin dalam perilaku siswa ketika di sekolah yang senantiasa menghormati guru dan teman, menaati peraturan sekolah dengan baik serta penanaman sifat adil, rendah hati, dapat dipercaya, dermawan, berbaik sangka, membantu teman ketika mengalami musibah, menjenguk teman yang sakit dan menjaga silaturrahmi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Muhammad Ainul Yaqin
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:57
Last Modified: 18 Jan 2023 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17781

Actions (login required)

View Item View Item