Urgensi Perjanjian Perkawinan Berupa Taklik Talak dalam Kompilasi Hukum Islam untuk Melindungi Hak Perempuan dalam Perkawinan

Nabilla, Syariah (2022) Urgensi Perjanjian Perkawinan Berupa Taklik Talak dalam Kompilasi Hukum Islam untuk Melindungi Hak Perempuan dalam Perkawinan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Syariah Nabilla_S20181037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Syariah Nabilla, 2022: Urgensi Perjanjian Perkawinan Berupa Taklik Talak dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI) untuk Melindungi Hak Perempuan dalam Perkawinan.
Kata kunci: Perjanjian Perkawinan, Taklik Talak, Kompilasi Hukum Islam, Hak
Pada umumnya, dalam sebuah perkawinan pihak yang paling sering mendapat perlakuan kurang baik dan hak-haknya tidak terpenuhi adalah seorang isteri. dengan dengan demikian sebagai salah satu upaya untuk melindungi hal tersebut diadakan perjanjian perkawinan berupa taklik talak yang dibacakan pada saat setelah akad perkawinan dilangsungkan. Namun dalam masyarakat keberadaan taklik talak masih diperdebatkan, apakah perlu atau tidak dibacakan pada saat sesudah akad perkawinan dilangsungkan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana ketentuan perjanjian perkawinan berupa taklik talak dalam Kompilasi Hukum Islam di Indonesia? 2) Bagaimana urgensi perjanjian perkawinan berupa taklik talak dalam Kompilasi Hukum Islam untuk melindungi hak perempuan dalam perkawianan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ketentuan perjanjian berupa taklik talak dalam Kompilasi Hukum Islam di Indonesia. 2) Untuk mengetahui urgensi perjanjian berupa taklik talak dalam Kompilasi Hukum Islam untuk melindungi hak perempuan dalam perkawinan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat normatif. Dengan menggunakan pendekatan Undang-Undang (statue approach) serta pendekatan konseptual (conceptual approach). Teknik pengumpulan data menggunakan library research dengan cara mengkaji literatur dan peraturan Perundang-Undangan. Dan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) pelaksanaan taklik talak di Indonesia lebih menyerupai taklik talak syarthi, karena menggantungkan syarat-syarat tertentu yang sudah ditentukan. Ketentuan taklik talak dalam Kompilasi Hukum Islam di Indonesia masuk dalam bab perjanjian perkawinan. 2) Urgensi taklik talak yaitu untuk melindungi isteri dari perlakuan sewenang-wenang suami serta melindungi hak-hak yang harus didapatkan isteri dalam perkawinan. Urgensitas taklik talak yaitu sebagai janji suami kepada isteri, sebagai alat perlindung isteri, sebagai perlindungan hukum, serta dapat memudahkan pengaduan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Nona Syariah Nabilla
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:09
Last Modified: 17 Jan 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17784

Actions (login required)

View Item View Item