PENGARUH POLA ASUH TERHADAP SUBJECTIVE WELL-BEING PADA SISWA SMP NEGERI 1 GEMARANG KABUPATEN MADIUN

Madani, Alam (2023) PENGARUH POLA ASUH TERHADAP SUBJECTIVE WELL-BEING PADA SISWA SMP NEGERI 1 GEMARANG KABUPATEN MADIUN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Alam Madani D20185015 - Alam Madani (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Alam Madani, 2023: “Pengaruh Pola Asuh Terhadap Subjective Well-Being
Pada Siswa SMP Negeri 1 Gemarang Kabupaten Madiun”
Kata Kunci: Pola Asuh, Subjective Well-Being, SMP Negeri 1 Gemarang
Kabupaten Madiun
Pola asuh merupakan suatu pengasuhan orang tua terhadap anak, yang di
mana orang tua memperlakukan anak dengan baik, memberikan bimbingan yang
baik kepada anak, dan memberikan rasa aman kepada anak dari segi psikologis
maupun fisik. Subjective Well-Being merupakan pandangan seseorang terhadap
pengalaman hidupnya dalam mengevaluasi emosi yang ada pada dirinya dari segi
positive affect dan negative affect.
Rumusan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
pengaruh pola asuh terhadap subjective well-being pada siswa SMP Negeri 1
Gemarang Kabupaten Madiun. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pola
asuh terhadap subjective well-being pada siswa SMP Negeri 1 Gemarang
Kabupaten Madiun.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis penelitian deskriptif, dengan populasi sebanyak 129 siswa/siswi
SMP Negeri 1 Gemarang Kabupaten Madiun. Teknik pengumpulan data
menggunakan penyebaran angket/kuesioner. Analisis data menggunakan
deskriptif statistik, dan teknik yang digunakan uji asumsi klasik, dan uji regresi
linier sederhana.
Hasil penelitian ini, diperoleh signifikasi regresi sebesar 0,000. Oleh sebab
itu 0,000 > 0,05 dan diketahui bahwa hasil uji t hitung sebesar 5,142, sedangkan
hasil dari t tabel adalah 1,978. Oleh karena 5,142 > 1,978 berarti bahwa t hitung >
t tabel, maka pola asuh berpengaruh terhadap subjective well-being. Hal ini
berarti, terdapat pengaruh pola asuh terhadap subjective well-being, karena orang
tua memberikan pola asuh yang beragam dari pola asuh otoriter, pola asuh
permisif, dan pola asuh demokratis, dan murid dapat mengevaluasi emosi dengan
baik atau dapat mengevaluasi subjective well-being dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Mr Alam Madani
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:35
Last Modified: 17 Jan 2023 04:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17785

Actions (login required)

View Item View Item