Simbol Warna Dalam Al-Qur'an (Kajian Tafsir Tematik)

Zainuri, Laila (2023) Simbol Warna Dalam Al-Qur'an (Kajian Tafsir Tematik). Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Laila Zainuri Zaini, 2022. Simbol Warna dalam Al-Qur’an ( Kajian Tafsir Tematik )
Kata Kunci : Simbol, Warna, Al-Qur’an, Tafsir, Tematik
Salah satu keindahan yang kita ketahui adalah warna. Banyak sekali warna di dunia ini yang mampu menghiasi dan menyegarkan pandangan mata kita. Warna sendiri memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Secara psikologis warna bukanlah suatu gejala yang hanya dapat diamati saja, warna juga mempengaruhi perilaku seseorang dan bagaimana ia berdialektika dengannya, bahkan membuatnya memahami segala sesuatu di sekitarnya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Warna apa sajakah yang terdapat dalam Al-Qur’an? 2) Bagaimana penafsiran mufassir tentang ayat-ayat warna dalam Al-Qur’an? 3) Apa saja Uslub(Diksi) yang terdapat dalam ayat-ayat tentang warna dalam Al-Qur’an? 4) Bagaimana hubungan ayat-ayat tentang warna ini dengan kehidupan?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui warna apa sajakah yang terdapat dalam Al-Qur’an 2) Untuk mengetahui bagaimana penafsiran mufassir tentang ayat-ayat warna dalam Al-Qur’an 3) Untuk mengetahui Uslub(Diksi) yang terdapat dalam ayat-ayat tentang warna dalam Al-Qur’an 4) Untuk mengetahui hubungan ayat-ayat tentang warna ini dengan kehidupan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tafsir Tematik dan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara membaca, mencatat, mengumpulkan, dan menelaah ayat-ayat Al-Qur’an, karya-karya ahli Tafsir, hadits dan karya-karya ilmiah lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini.
Hasil dari Penelitian ini adalah : 1) dalam al-Qur’an terdapat dua penyebutan istilah warna, yaitu kata laun (bentuk tunggal) yang terdapat dalam satu ayat, dan kata alwan (bentuk jamak) sebanyak enam kata dalam enam ayat serta terdapat 6 jenis warna dalam Al-Qur’an yang tersebar di 32 ayat dalam 23 surah yang selaras dengan warna yang dikemukakan oleh Teori Brewster. 2) ayat yang menyebutkan warna dalam Al-Qur’an secara umum menitik beratkan pada sesuatu yang melambangkan sebuah objek tertentu dan sebagai perumpamaan untuk menjelaskan keadaan objek tertentu. a) simbol warna merah ditujukan untuk gunung dan buah-buahan. b) simbol warna biru ditujukan untuk wajah orang kafir di padang Mahsyar. c) simbol warna kuning ditujukan untuk hewan, api, angin, dan tumbuhan. d) simbol warna putih ditujukan untuk fajar, orang yang beriman, penyakit, mukjizat nabi Musa as, gunung, minuman surga, dan bidadari surga. e) simbol warna hitam ditujukan untuk malam, wajah penghuni neraka, penderitaan serta kekhawatiran, kekeringan, gunung, wajah orang berdusta. f) simbol warna hijau ditujukan untuk tanaman, pakaian dan bantal surga, warna surga dan warna kayu. 3) terdapat berbagai Uslub(Diksi) dalam ayat-ayat warna yang menunjukkan aspek-aspek kemukjizatan Al-Qur’an yang berbeda dengan seluruh diksi orang arab. 4) peran warna dalam kehidupan diantaranya : a) berperan dalam mempengaruhi psikologis. b) berperan sebagai perawatan. c) berperan sebagai terapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Laila Zaini Zainuri
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:32
Last Modified: 30 Jan 2023 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17788

Actions (login required)

View Item View Item