METODE FIQH AL-ḤADÍTH DALAM WEBSITE ASYSYARIAH.COM

M.R, Siti Halimah (2023) METODE FIQH AL-ḤADÍTH DALAM WEBSITE ASYSYARIAH.COM. Undergraduate thesis, UIN K.H Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SITI HALIMAH M.R.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siti Halimah M.R,2023: Metode Fiqh al-ḥadìth dalam Website Asysyariah.com
Kata kunci: Pemahaman,Fiqh al- Hadìth, asysyariah.com
Manusia diciptakan semata-semata untuk mengabdi kepada Tuhan semesta alam dan menjadi insan yang bertakwa, ini jelas tercantum dalam firman-Nya dalam Q.S. Al-Dzariyat ayat 56. Untuk mencapai tingkatan itu, dibutuhkan pemahaman yang baik terhadap hadis, pedoman hidup kedua disamping al-Qur’an. Kehadiran internet sebagai manifestasi perkembangan teknologi dan informasi menawarkan kemudahan kepada masyarakat muslim dalam mengakses kajian agama kapanpun dan dimanapun secara bebas. Tentunya, hal ini mendorong munculnya banyak website keislaman dengan jumlah tidak terbatas, salah satunya diantaranya adalah website asysyariah.com. Sehingga, pengujian terhadap kredibilitas website tersebut sangat diperlukan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) apa saja tema dan bahasan yang terdapat dalam website asysyariah.com? 2) bagaimana metode Fiqh al-ḥadìth yang diterapkan didalamnya?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tema dan bahasan yang terdapat dalam website asysyariah.com. 2) mengetahui metode Fiqh al-ḥadìth yang diterapkan dalam website asysyariah.com.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian library research (studi pustaka). Sedangkan, pendekatan yang dilakukan adalah metode analisis isi (content analysis), sehingga analisis wacana akan digunakan untuk mengungkap metode Fiqh al-ḥadìth dalam website asysyariah.com.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa website asysyariah.com merupakan salah satu media dakwah digital yang menyajikan pembahasan aqidah, fiqih, akhlak, tafsir, hadis, muamalah, rumah tangga, khotbah, sejarah (ṣìrah), pendidikan anak, dan lain-lain. Dalam menganalisis suatu permasalahan website asysyariah.com mencantumkan dalil al-Qur‘an terkait, hadis-hadis yang setema, lalu menelaahnya dengan pendapat ulama’ yang otoritatif. Dilihat berdasarkan kitab-kitab dan pendapat tokoh ulama’ yang kerap dijadikan rujukan, menunjukkan pemahaman asysyariah.com cenderung bercorak salafi wahabi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100504 Data Communications
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Mrs. Siti Halimah M.R
Date Deposited: 17 Jan 2023 09:16
Last Modified: 17 Jan 2023 09:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17790

Actions (login required)

View Item View Item