Etika Jurnalistik Dalam Pemberitaan Jurnalisme Warga Di Media Sosial Facebook Informasi Warga Jember

Shaleha, Hanifatus (2023) Etika Jurnalistik Dalam Pemberitaan Jurnalisme Warga Di Media Sosial Facebook Informasi Warga Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI.HANIFATUS SHALEHA D20161032 WATER MARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hanifatus Shaleha, 2022: Etika Jurnalistik Dalam Pemberitaan Jurnalisme Warga di Media Sosial Facebook Informasi Warga Jember
Dengan kemajuan teknologi yang diciptakan oleh manusia mengalami perkembangan yang kian pesat. Munculnya teknologi internet, informasi semakin mudah didapat dengan mengakses situs-situs yang tersedia. Bahkan hanya untuk sekedar berkomunikasi masyarakat dapat memanfaatkan beragam situs jejaring yang populer dengan sebutan media sosial, salah satunya adalah facebook. Facebook merupakan salah satu media sosial yang populer di kalangan masyarakat. Tak hanya pengguna pribadi, Facebook juga digunakan untuk suatu kelompok atau komunitas, salah satunya adalah Informasi Warga Jember. Facebook menjadi sebuah media yang memiliki interaktivitas yang tinggi sehingga berlangsung komunikasi dua arah yang cukup intens. Fitur-fitur Facebook seperti chat, status, mengunggah foto dan video menjadikan tingkat komuniksi yang tinggi pula. Interaksi yang memudahkan semua proses penyampaian informasi sesuai dengan teori interaktivitas bahwa interaksi keduanya (manusia dan komputer) atau si pengirim pesan memiliki saat pemikiran yang sama.
Jurnalisme warga merupakan warga yang tidak terlatih sebagai wartawan profesional, namun dengan menggunakan peralatn yang dimilikinya bisa menjadi saksi mata atau sebuah peristiwa yang terjadi di sekitarnya, meliput, mencatat,mengumpulkan, menulis, dan menyiarkannya di media sosial secara bebas. Kebebasan dalam menyampaikan informasi membuat warga tidak perduli adanya etika dalam komunikasi, etika dalam berkomunikasi bagi pelaku jurnalistik dilibas unutk membagikan suatu informasi yang terkadang untuk kepentingan pribadi.
Berdasarkan latarbelang di atas, maka peneliti memfokuskan dengan dua lingkup yakni: (1) berita apa saja yang diterima pengelola IWJ untuk dipublikasikan kepada masyarakat. (2) Bagaimana pengelola IWJ menerapkan etika jurnalistik dalam mempublikasikan berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berita apa saja yang diterima dan bagaimana cara pengelola IWJ menerapkan etika dalam mempublikasikan berita.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purposiv sampling yakni pengelola IWJ beserta relawan IWJ. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: (1) berita yang diterima oleh pengelola IWJdari netizen beragam, mulai dari info kriminal, sosial budaya, info bencana alam, info tentang pelayanan publik. (2) etika yang digunakan yakni dalam memposting informasi anggota harus menggunakan etika yang baik, menggunakan kalimat yang sopan, serta mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola IWJ dan juga mengikuti standart etika.

Kata Kunci: Etika Jurnalistik, Jurnalisme Warga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ifa Perpustakaan Hanifatus
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:34
Last Modified: 27 Jan 2023 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17802

Actions (login required)

View Item View Item