Eksistensi Sistem Pendidikan Pesantren dalam Era Modernisasi pada Pondok Pesantren Sidogiri Banat I Syaikhona Kholil Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan.

Dwi Augustyas, Zamruda (2022) Eksistensi Sistem Pendidikan Pesantren dalam Era Modernisasi pada Pondok Pesantren Sidogiri Banat I Syaikhona Kholil Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAMRUDA DWI AUGUSTYAS_T20171120.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Eksistensi Sistem Pendidikan Pesantren, Era Modernisasi.
Eksistensi pendidikan pesantren dalam era modernisasi merupakan kemampuan pesantren dalam mempertahankan jati diri dalam era modern saat ini. Tuntutan dan kebutuhan masyarakat juga berdampak terhadap eksistensi pesantren saat ini. Namun selama pesantren masih mampu memenuhi kebutuhan masyarakat tentunya akan tetap eksis di tengah era modern saat ini. Pesantren juga berfungsi sebagai salah satu pusat pendidikan keagamaan mempunyai kontribusi yang sangat urgen dalam pembentukan dan pengembangan sistem pendidikan, akhlak, etika, dan skill santri yang saat ini sedang pada proses perkembangan zaman.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sistem pendidikan pondok pesantren Sidogiri Banat I Syaikhona Kholil Kecamatan kraton Kabupaten Pasuruan, 2) Bagaimana upaya yang dilakukan pondok pesantren Sidogiri Banat I Syaikhona Kholil mempertahankan eksistensinya dalam Era Modernisasi.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) sistem pendidikan pondok pesantren Sidogiri Banat I Syaikhona Kholil Kecamatan kraton Kabupaten Pasuruan, 2) upaya yang dilakukan pondok pesantren Sidogiri Banat I Syaikhona Kholil mempertahankan eksistensinya dalam Era Modernisasi.
Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskrptif. Lokasi penelitian adalah di Pondok Pesantren Sidogiri Banat I Syaikhona Kholil Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Metode pengambilan subyek penelitian menggunakan metode purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dengan model interaktif Miles, A. Michael Huberman dan Johny Saldana, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi metode.
Adapun hasil penelitian yang didapat penulis, yaitu: 1) sistem pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Sidogiri Banat I Syaikhona Kholil terbagi menjadi dua yaitu: (a) sistem pendidikan formal yaitu Madrasah Isti’dadiyah, Madrasah Tsanawiyah, Tarbiyah Mu’alimat, bahkan sudah mendirikan sebuah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Syaikhona Kholil (STEBI Sidogiri Syaikhona Kholil). (b) sistem pendidikan non formal yaitu wajardikdas ula (setara SD), wajardikdas wustho (setara SMP), ulya (setara SMA) serta pembelajaran kitab kuning dan Al-Qur’an dengan menggunakan metode sorogan, bandongan dan musyawarah. 2) upaya Pondok Pesantren Sidogiri Banat I Syaikhona Kholil dalam menghadapi tantangan modernisasi dan mempertahankan eksistensinya dalam era modernisasi yaitu terus berupaya menyeimbangkan sistem pendidikan dan keeksistensinya sesuai zaman yaitu modern saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zamruda Dwi Augustyas
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:50
Last Modified: 18 Jan 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17803

Actions (login required)

View Item View Item