Kecemasan dalam menghadapi dunia kerja ditinjau dari konsep diri pada mahasiswa tingkat akhir fakultas dakwah universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember

Dimas, Dimas Bayu Adi Nandra (2023) Kecemasan dalam menghadapi dunia kerja ditinjau dari konsep diri pada mahasiswa tingkat akhir fakultas dakwah universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
SKRIPSI DIMAS new.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dimas Bayu Adinandra, 2022 : Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Ditinjau Dari Konsep Diri Pada Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Kecemasan merupakan keadaan suasana hati yang ditandai oleh afek negative dan gejala-gejala ketegangan jasmani di mana seseorang mengantisipasi kemungkinan datangnya bahaya atau kemalangan yang akan dating dengan perasaan khawatir. Konsep diri merupakan cara individu dalam memandang dan menilai dirinya sendiri yang terbentuk melalui pikiran dan pengalaman seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain ataupun lingkungan sekitarnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi kecemasan yaitu keadaan biologis, psikologis, dan sosial. Terlepas dari kondisi dunia kerja, tinggi rendahnya kecemasan mahasiswa dipengaruhi oleh konsep diri. Kecemasan menghadapi dunia kerja juga dialami oleh mahasiswa semester akhir, terlihat dari hasil survey yang sudah dilakukan oleh peneliti. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu adakah hubungan antara kecemasan dalam menghadapi dunia kerja dengan konsep diri pada mahasiswa semester akhir Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel kecemasan menghadapi dunia kerja dengan variabel konsep diri pada mahasiswa semester akhir Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan total sampel sebanyak 127 sampel dengan menggunakan alat ukur skala likert. Keabsaan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Jawaban setiap item instrument menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menggunakan software SPSS v.25 dan Microsoft Excel. Dari hasil penelitian didapatkan hasil terdapat korelasi sedang dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,494 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05), artinya terdapat hubungan negatif antara variabel kecemasan dengan variabel konsep diri pada mahasiswa semester akhir Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Depositing User: Mr Dimas Bayu Adi Nandra Dimas
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:05
Last Modified: 18 Jan 2023 02:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17817

Actions (login required)

View Item View Item