PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH ICHYAUL ISLAM PAJARAKAN PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2021/2022

Mahtumatul, Abroriah (2022) PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH ICHYAUL ISLAM PAJARAKAN PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
hard.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mahtumatul Abroriah, 2022 :Penerapan Metode Diskusi Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Siswa Pada Pembelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Ichyaul Islam Pajarakan Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022
Kata Kunci : Metode Diskusi, Sikap Toleransi, Pembelajaran Fikih
Dengan menggunakan metode diskusi merupakan suatu cara dalam menangani masalah mengenai sedikitnya siswa yang mengetahui dan memiliki karakter kebersamaan serta konflik yang sering dihadapi siswa. Langkah metode diskusi yang diterapkan oleh guru fikih di Madrasah Tsanawiyah ini dalam mengembangkan sikap toleransi pada pembelajaran fiqih yaitu harus mengetahui soal pemahaman tentang konsep soal terlebih dahulu, dengan materi apa yang akan disampaikan misalnya, materi haji, itu kalau menggunakan metode diskusi dilihat dari metode gerak psikomotornya dan kognitif serta afektifnya.
Fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana Penerapan Metode Diskusi Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Siswa Pada Pembelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Ichyaul Islam Pajarakan Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022 ? 2)Apa Saja Kekurangan Dan Kelebihan Metode Diskusi Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Siswa Pada Pembelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Ichyaul Islam Pajarakan Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022 ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Diskusi Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Siswa Pada Pembelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Ichyaul Islam Pajarakan Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022 ? 2) Untuk mendeskripsikan Kekurangan Dan Kelebihan Metode Diskusi Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Siswa Pada Pembelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Ichyaul Islam Pajarakan Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022 ?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif, subyek penelitian ini menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Penerapan metode diskusi dalam mengembangkan sikap toleransi siswa pada pembelajaran fikih ada 3 yaitu : a) Menghargai pendapat. b) Membolehkan orang berpendapat. c) Membiarkan orang memberi pendapat. 2) Kekurangan dan kelebihan metode diskusi dalam mengembangkan sikap toleransi siswa pada pembelajaran fikih antara lain: Kelebihannya, a) Memberi kemungkinan untuk saling mengemukakan pendapat. b) Suasana kelas lebih hidup, sebab siswa mengarahkan perhatiannya atau pikirannya kepada masalah yang sedang didiskusikan yaitu partisipasi siswa dalam metode ini lebih baik. c) Memperluas pandangan. Sedangkan kekurangannya, a) Dalam pelaksanaan diskusi hanya dikuasi oleh orang-orang yang suka berbicara. b) Ada siswa yang tidak aktif sehingga bagi siswa ini diskusi merupakan kesempatan untuk melepaskan diri dari tanggung jawab. c) Peserta mendapat informasi yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Depositing User: Mahtumatul Abroriah Mahtumatul Abroriah
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:41
Last Modified: 18 Jan 2023 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17822

Actions (login required)

View Item View Item