Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV di MIN 02 Jember

Suhaimiah, Khelmiyatus (2022) Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV di MIN 02 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ilmi perpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 02 Jember memberikan dampak besar terhadap karakter siswa. Program yang
telah dilaksanakan selama 2 tahun tersebut sangat positif dan mampu meningkatkan
kegemaran siswa dalam membaca dan menulis. Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di
MIN 02 Jember berbeda dengan Gerakan Literasi sekolah di lembaga lain. Keberhasilan
dari program Gerakan Literasi Sekolah di MIN 02 Jember ini memiliki bukti nyata
berupa karya tulis guru dan siswa yang diterbitkan menjadi sebuah buku berjudul
Antologi Pantun, yang sangat menarik untuk diteliti.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program
Gerakan Literasi Sekolah siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Jember?. 2)
Bagaimana Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam membentuk karakter gemar
membaca dan menulis siswa Kelas IV di MIN 2 Jember?. 3) Bagaimana Evaluasi
Gerakan Literasi Sekolah siswa kelas IV MIN 2 Jember? Tujuan penelitian ini adalah:
1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program Gerakan Literasi Sekolah Siswa kelas
IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02 Jember, 2) Untuk mendeskripsikan dan
menganalisis implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam membentuk karakter
gemar membaca dan menulis Siswa Kelas IV, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi
program Gerakan Literasi Sekolah Siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 02
Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi
kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles,
Huberman, dan Saldana. yang terdiri dari data condensation, data display, dan
conclusion drawing/verification. Lalu keabsahan data yang peneliti gunakan adalah
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan program Gerakan
Literasi Sekolah meliputi; memasukkan program literasi ke dalam kurikulum madrasah,
memenuhi sarana dan prasarana, dan mengadakan rapat dengan pihak madrasah, dewan
guru, wali murid . 2) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam menanamkan
karakter gemar membaca dan menulis Siswa kelas IV di MIN 2 Jember meliputi tiga
tahapan yaitu: a) Pembiasaan: Diadakannya kunjungan perpustakaan, morning reading,
adanya pojok baca di sudut kelas. b) Pengembangan: melakukan pelatihan bagi siswa,
pengadaan tambahan koleksi buku. c) Pembelajaran: Pembelajaran di dalam kelas, ada
pajangan dan madding kelas, outdoor study. 3) Evaluasi Gerakan Literasi Sekolah
dalam menanamkan karakter gemar membaca dan menulis siswa di MIN 2 Jember
yakni a) Mengevaluasi kemampuan menulis siswa, b) Memaksimalkan sarana dan
prasarana yang ada di Madrasah, dan kemampuan membaca dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Suhaimiah Khelmiyatus
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:47
Last Modified: 18 Jan 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17826

Actions (login required)

View Item View Item