Prinsip Hukum Pidana Islam Dalam Ketentuan Sanksi Pidana Mati Bagi Bandar Narkoba Dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika

Wati, Isma (2022) Prinsip Hukum Pidana Islam Dalam Ketentuan Sanksi Pidana Mati Bagi Bandar Narkoba Dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ismawati_S20184070.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ismawati, 2022 : Prinsip Hukum Pidana Islam Dalam Ketentuan Sanksi Pidana Mati Bagi Bandar Narkoba Dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.
Kata Kunci : Sanksi, Pidana Mati, Narkotika
Prinsip hukum pidana Islam dalam ketentuan sanksi pidana mati bagi bandar narkoba di Indonesia dengan prinsip yang ada dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika belum diketahui persamaan prinsipnya apakah kedua prinsip hukum ini sejalan atau tidak dalam pemberlakuan sanksi pidana mati bagi bandar narkoba. Diperlukan analisis secara normatif untuk membandingkan apakah prinsip antara kedua hukum ini sejalan atau tidak.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pembentukan sanksi pidana mati dalam hukum pidana Islam? 2) Bagaimana pengaturan sanksi pidana mati bagi bandar narkoba dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika? 3) Bagaiamana relevansi prinsip sanksi pidana matI dalam pembentukan sanksi pidana mati bagi bandar narkoba di Indonesia?
Tujuan penelitian skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaiamana pembentukan sanksi pidana mati dalam hukum pidana Islam. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaturan sanksi pidana mati bagi bandar narkoba dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. 3) untuk mengetahui bagaimana relevansi prinsip sanksi pidana mati dalam ketentuan sanksi pidana mati bagi bandar narkoba di Indonesia.
Untuk mengidentifikasi permaslahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif, dengan menggunakan pendekatan undang-undang (statute approuch) dan pendekatan konseptual (concseptual approuch). Dengan menggunakan sumber data dari buku, jurnal, serta karya ilmiah yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Prinsip yang digunakan dalam pembentukan sanksi pidana mati dalam hukum pidana Islam yaitu prinsip tawazzun yang berarti keseimbangan serta prinsip amar ma’ruf nahi munkar. 2) Pembentukan sanksi pidana mati dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika berpedoman pada prinsip keadilan, prinsip kepastian hukum dan pemberatan sanksi serta juga asas equality before the law yaitu prinsip persamaan dan kesetaraan dihadapan hukum. 3) Hukum pidana Islam dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika ini relevan memiliki persamaan prinsip dan tujuan dimana persamaan asas tawazzun dan prinsip amar ma’ruf nahi munkar dalam hukum pidana Islam dengan asas equality before the law serta prinsip keadilan, prinsip kepastian hukum dan prinsip hukum pemberatan sanksi yang berlaku di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180115 Intellectual Property Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Nona Isma Wati
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:57
Last Modified: 19 Jan 2023 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17834

Actions (login required)

View Item View Item