MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT SISWA BARU DI MADRASAH ALIYAH BUSTANUL ULUM BULUGADING BANGSALSARI JEMBER

Sariyah, Hafifatus (2023) MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT SISWA BARU DI MADRASAH ALIYAH BUSTANUL ULUM BULUGADING BANGSALSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HAFIFATUS SARIYAH_T20183064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran adalah proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, menyediakan apa yang mereka butuhkan dan secara bebas menukar produk dan jasa yang berharga dengan orang lain. pemasaran jasa pendidikan adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan jasa pendidikan dengan baik sehingga produk atau jasa pendidikan sesuai dengan pelanggan jasa pendidikan dan dengan demikian menjual diri. Oleh karena itu, komersialisasi layanan pendidikan harus membawa pelanggan layanan pendidikan siap untuk membeli dan oleh karena itu yang diperlukan adalah penyediaan produk pendidikan atau layanan pendidikan.
Fokus masalah yang dditeliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan manajemen pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat siswa baru di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat siswa baru di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember? 3) Bagaimana evaluasi manajemen pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat siswa baru di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat siswa baru di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat siswa baru di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi manajemen pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat siswa baru di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember.
Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan pendekatan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian diamnil melalui kegiatan wawancara dengan kepala sekolah, penelitian ini juga dilengkapi dengan data-data pendukung berupa observasi lapangan dan dokumentasi foto maupun dokumentasi fisik. Analisis data menggunakan milik Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dilapangan menunjukkan, yakni:
Perencanaan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan adanya aktivitas perencanaan pemasaran jasa pendidikan dalam rapat yang diadakan di MA Bustanul Ulum yang melibatkan guru, kepla sekolah, komite sekolah, humas, staff dan juga wali kelas dalam hal menarik minat siswa baru untuk bersekolah di MA Bustanul Ulum tersebut sudah dikembangkan menjadi rencana tertulis dan terperinci dalam program promosi sekolah atau dalam memasarkan mandrasah tersebut.
Pelaksanaan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, pelaksanaan pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan sudah teroganisir dengan baik oleh para personil yang diberikan tugas dan tanggung jawab dalam pemasaran jasa pendidikan seperti periklanan dengan menggunakan brosur, spanduk, pamphlet dan promosi menggunkan mulut ke mulut juga melalui pembuatan media sosial untuk memperlihatkan semua kegiatan yang ada dimadrah MA Bustanul Ulum.
Evaluasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, evaluasi ini telah dilakukan oleh pihak sekolah dan direncanakan serta dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. Yang terpenting dalam memasarkan madrasah ini adalah bagaimana MA Bustanul Ulum dapat terus memiliki citra baik di masyarakat sekitar maupun di luar. Pada tahap evaluasi ini, kami mengukur keberhasilan setiap rencana yang dibuat oleh sekolah atau madrasah.

Kata kunci: Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, Menarik Minat Siswa Baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hafifatus Sariyah Adzkiya
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:13
Last Modified: 19 Jan 2023 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17835

Actions (login required)

View Item View Item