TAFSIR KEBAIKAN DALAM KITAB SYAJARATUL MA’ARIF (Studi Tentang Konsepsi Kebaikan Dalam Al-Qur’an Surah Al-Fatihah Ayat 1 Dan Al-Ankabut Ayat 2)

Ali Firdausi, Zahrotul (2023) TAFSIR KEBAIKAN DALAM KITAB SYAJARATUL MA’ARIF (Studi Tentang Konsepsi Kebaikan Dalam Al-Qur’an Surah Al-Fatihah Ayat 1 Dan Al-Ankabut Ayat 2). Undergraduate thesis, UiN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ZAHRO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Zahrotul Ali Firdausi, 2022. Tafsir Kebaikan Dalam Kitab Syajaratul Ma’arif ( Studi Tentang Konsepsi Kebaikan Dalam Al-Qur’an Surah Al-Fatihah Ayat 1 Dan Al-Ankabut Ayat 2)
Kata Kunci: Kebaikan, Kitab Syajaratul Ma’arif.
Kebaikan bukan hanya terbatas pada sesuatu yang membuat manusia senang saja. Namun kebaikan juga meliputi segala pemberian Tuhan yang diberikan kepada hambanya Fokus penelitian pada skripsi ini: (1) Bagaimana al-Qur’an menggambarkan kebaikan?, (2) Bagaimana penafsiran kebaikan dalam al-Qur’an surah al-Fatihah ayat 1 berdasarkan kitab Syajaratul Ma’arif?. (3) Bagaimana penafsiran kebaikan dalam al-Qur’an surah al-Ankabut ayat 2 berdasarkan kitab Syajaratul Ma’arif?.
Tujuan Penelitian pada skripsi ini (1) Menjelaskan kebaikan dalam al-Qur’an. (2) Menjelaskan penafsiran kebaikan dalam al-Qur’an surah al-Fatihah ayat 1 berdasarkan kitab Syajaratul Ma’arif. (3) Menjelaskan penafsiran kebaikan dalam al-Qur’an surah al-Ankabut ayat 2 berdasarkan kitab Syajaratul Ma’arif
Jenis penelitian kepustakaan (Library research). Dan juga sebagai penunjang peneliti dalam melakukan penelitian, dengan memerlukan literature yang ada di perpustakaan yang kaitannya dengan masalah yang dibahas untuk diteliti. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Karena dalam berbagai hal-hal yang terjadi akan memunculkan bukti-bukti yang ada kemudian memberikan kesimpulan yang khusus dan benar.
Hasil dari penelitian ini adalah dapat disimpulkan: (1) kata baik dalam al-Qur’an memiliki tujuh macam, namun kebaikan Allah tidak hanya berpaku pada kata “baik” tersebut, tetapi semua pemberian Allah adalah kebaikan. (2) konsep kebaikan Allah dalam al-Qur’an surah al-Fatihah ayat 1 berdasarkan Kitab Syajaratul Ma’arif adalah dengan menjadikan umat islam sebagai hamba yang pandai bersyukur dan menjadikan apa yang dikerjakannya menjadi mulia. (3) konsep kebaikan Tuhan dalam surah al-Ankabut ayat 2 berdasarkan Kitab Syajaratul Ma’arif yaitu menjadikan umat islam hamba yang senantiasa bersabar dalam menjalankan perintah Allah, sabar dalam menjauhi larangan Allah, dan sabar dalam menerima takdir Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Mhs Zahrotul Ali Firdausi
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:49
Last Modified: 19 Jan 2023 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17849

Actions (login required)

View Item View Item