STRATEGI KONVERGENSI RADIO SUARA PASURUAN MELALUI BRANDING KONTEN PESANTREN RAMADHAN DI YOUTUBE

RACHMATULLAH FIRDAUS, JULYANE (2023) STRATEGI KONVERGENSI RADIO SUARA PASURUAN MELALUI BRANDING KONTEN PESANTREN RAMADHAN DI YOUTUBE. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
JULYANE RACHMATULLAH FIRDAUS_D20181089.pdf

Download (4MB)

Abstract

Radio Suara Pasuruan merupakan radio pemerintahan Kabupaten Pasuruan yang mengimplementasikan strategi konvergensi dan upaya branding dengan tujuan memperluas jangkauan khalayak. Strategi konvergensi dan upaya branding tersebut direalisasikan dalam konten Pesantren Ramadhan di Youtube.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi konvergensi Radio Suara Pasuruan melalui konten Pesantren Ramadhan di Youtube? 2) Bagaimana upaya branding Radio Suara Pasuruan melalui konten Pesantren Ramadhan di Youtube?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan strategi konvergensi Radio Suara Pasuruan melalui konten Pesantren Ramadhan di Youtube. 2) Untuk menjelaskan upaya branding Radio Suara Pasuruan melalui konten Pesantren Ramadhan di Youtube.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang diterapkan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang diaplikasikan meliputi; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang diterapkan ialah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Strategi konvergensi yang diterapkan oleh Radio Suara Pasuruan pada konten Pesantren Ramadhan di Youtube, meliputi; pengoptimalisasian multimedia oleh Radio Suara Pasuruan dalam menyajikan konten Pesantren Ramadhan di Youtube, pemanfaatan multichannel oleh Radio Suara Pasuruan dalam menyalurkan konten Pesantren Ramadhan di Youtube, dan pemaksimalan multiplatform oleh Radio Suara Pasuruan dalam mendistribusikan konten Pesantren Ramadhan di channel Youtube. 2) Upaya branding Radio Suara Pasuruan melalui konten Pesantren Ramadhan di Youtube, antara lain; penggunaan hook pada pembuka konten Pesantren Ramadhan, pemaksimalan materi bumper pada konten Pesantren Ramadhan, perkenalan dan penyampaian poin materi dakwah pada intro konten Pesantren Ramadhan, pembawa acara menerangkan materi di struktur konten utama, dan pengimplementasian metode Call to Action (CTA) untuk berinteraksi dengan pendengar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Depositing User: Julyane Rachmatullah Firdaus
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:25
Last Modified: 19 Jan 2023 04:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17850

Actions (login required)

View Item View Item