KONSEP SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM KELUARGA KARIR PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi kasus di Desa Purwoharjo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi)

Elvinsanni, Fadillah (2022) KONSEP SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM KELUARGA KARIR PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi kasus di Desa Purwoharjo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, Uin Khas Jember.

[img] Text
ELVIN SANNI FADILLAH_S20181092_KONSEP KELUARGA SAKINAH MAWADAH WARAHMAH DALAM KELUARGA KARIR PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi kasus di Desa Purwoharjo Kecamatan Purwoharo Kabupaten Banyuwangi).pdf

Download (3MB)

Abstract

Elvin Sanni Fadillah, 2022 : Konsep Sakinah Mawaddah Warahmah dan Implementasinya Dalam Keluarga Karir Di Desa Purwoharjo Perspektif Hukum Islam
Kata Kunci : konsep sakinah mawaddah warahmah, implementasi, keluarga karir, perspektif hukum islam
Pernikahan berarti ikatan lahir dan batin antara laki-laki dan perempuan untuk menjadi pasangan suami istri dengan tujuan membangun rumahtangga yang bahagia berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam istilah agama disebut pernikahan yang mawaddah wa rahmah atau keluarga sakinah. Mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah adalah merupakan kemaslahatan bagi setiap pasangan yang berumah tangga. Dalam suatu keluarga disebutkan juga adanya keluarga karir, yang mana suami dan istri ini sama-sama berkarir atau bekerja diluar pekerjaan rumah. Penelitian ini mencoba mengambil keluarga karir di Desa Purwoharjo dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah.
Berdasarkan dengan hal tersebut, maka peneliti memfokuskan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana Konsep Sakinah mawaddah warahmah menurut keluarga karir di Desa Purwoharjo?. 2) Bagaimana upaya keluarga karir di Desa Purwoharjo mewujudkan konsep sakinah mawaddah warahmah?. 3) Bagaimana konsep dan implementasi sakinah mawaddah warahmah pada keluarga karir di Desa Purwoharjo dalam Perspektif Hukum Islam?.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menganalisa secara langsung ke lapangan dengan melakukan wawancara kepada informan agar mendapatkan hasil yang akurat. Lokasi ini berada di Desa Purwoharjo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Dalam penelitian ini menggunakan subjek data primer dan data sekunder. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Konsep Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah di Desa Purwoharjo ini pada wawancara yang telah diperoleh adalah hampir semuanya berpendapat bahwa konsep dari sakinah, mawadah, warahmah harus saling percaya, bersikap jujur, saling melindungi, komunikasi yang baik, dan selalu bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT. 2) Upaya keluarga karir di Desa Purwoharjo ini ialah dengan cara meluangkan waktu disaat libur bekerja, memberikan pendidikan yang baik untuk anak-anaknya, saling melengkapi dan saling memberi pengertian satu sama lain. 3) Implementasi dari uraian diatas menurut hukum islam itu terbentuk atas dasar agama yang kuat, dengan didasari keimanan dan ketakwaan, saling memenuhi hak dan kewajiban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Depositing User: Ms Elvinsanni Fadilah
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:02
Last Modified: 19 Jan 2023 03:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17855

Actions (login required)

View Item View Item