PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN BKKBN DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN KELUARGA (Studi di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Kabupaten Bondowoso)

Mufidah, Salma (2021) PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN BKKBN DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN KELUARGA (Studi di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Kabupaten Bondowoso). Masters thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
OVERALL THESIS SALMAq.pdf

Download (9MB)

Abstract

Islam sebagai agama yang tujuan utamanya adalah kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Islam sangat mementingkan pembinaan pribadi dan keluarga. Apabila keluarga baik, maka akan melahirkan bangsa yang baik. Selain itu, keluarga yang kokoh juga merupakan modal pembangunan suatu bangsa. Sejak beberapa tahun terakhir, terjadi penurunan ketahanan ikatan perkawinan di kalangan keluarga muslim di Indonesia dengan cara perceraian yang cukup drastis.
Program PUP memiliki tujuan untuk meminimalisasi angka pernikahan dini juga menyiapkan kualitas generasi bangsa juga mengontrol laju angka penduduk. PUP bertujuan untuk memberikan pengertian dan kesadaran kepada remaja agar dalam merencanakan keluarga, mereka yang akan melaksanakan perkawinan dapat mempertimbangkan berbagai aspek yang berkaitan dengan kehidupan berkeluarga. Membina remaja sebagai generasi penerus yang bertanggung jawab, berakhlak, dan berperilaku sehat dalam mewujudkan keluarga Islam yang berkualitas.
Fokus kajian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan program pendewasaan usia perkawinan dalam mewujudkan ketahanan keluarga di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana dampak program pendewasaan usiia perkawinan dalam mewujudkan ketahanan keluarga di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bondowoso?.
Jenis penelitian ini adalah field research, dengan pendekatan kualitatif deskriptif analitis. Penelitian ini mengkaji bagaimana pelaksanaan program PUP di Kabupaten Bondowoso oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana, kemudian apa sajakah kendala yang dihadapi dan bagaimana program PUP tersebut jika dikaitkan dengan teori Roscou Pound yang menyatakan bahwa hukum sebagai alat perubahan sosial (law as a tool of sosial engineering).
Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Cara pelaksanaan Program Pendewasaan Usia Perkawinan di BKKBN Kabupaten Bondowoso yaitu melalui Komunikasi Informasi Edukasi dengan menyampaikan pesan atau berkomunikasi langsung kepada Remaja atau sasaran mengenai segala program BKKBN Kabupaten Bondowoso pada saat penyuluhan di lapangan. Kedua, Dampak pelaksanaan program pendewasaan usia perkawinan di Kabupaten Bondowoso memperlihatkan hasil yang positif. Dapat dilihat dari data berdasarkan laporan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan keluarga Berencana kabupaten Bondowoso menunjukan bahwa pernikahan pertama yang dilakukan oleh perempuan dengan umur kurang dari 20 tahun mengalami penurunan di setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012821 Nikah Dini
Divisions: Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Mrs Salma Mufidah
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:22
Last Modified: 18 Jan 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17875

Actions (login required)

View Item View Item