Studi Komparatif tafsir al-maraghi dan tafsir al-misbah tentang parenting dalam qs. as-saffat ayat 100-102

Khoerudin, Diva Nurul Rahma (2023) Studi Komparatif tafsir al-maraghi dan tafsir al-misbah tentang parenting dalam qs. as-saffat ayat 100-102. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Diva Nurul Rahma Khoerudin_U20181099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: studi komparatif, parenting, QS. Aṣ-Ṣaffât ayat 100-102.
Dalam tiga tahun terakhir, ditemukan kasus kekerasan di Indonesia semakin merajalela. Khususnya kekerasan yang terjadi pada anak. Faktor yang mempengaruhi kasus-kasus tersebut, dikarenakan orang tua belum mengoptimalkan parenting pada anak sebagaimana amanah PBB. Sehingga, tidak jarang ditemukan anak dengan kepribadian dan temperamen yang buruk dampak dari kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya parenting dalam mendidik anak.
Fokus kajian dalam skripsi ini antara lain: 1.) Bagaimana parenting dalam penafsiran QS. Aṣ-Ṣaffât ayat 100-102 menurut tafsir Al-Marâghî dan tafsir Al-Miṣbâẖ? 2.) Bagaimana persamaan dan perbedaan penafsiran QS. Aṣ-Ṣaffât ayat 100-102 menurut tafsir Al-Marâghî dan tafsir Al-Miṣbâẖ terkait parenting? Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan parenting yang terdapat pada QS. Aṣ-Ṣaffât ayat 100-102, serta mengetahui persamaan dan perbedaan penafsiran antara tafsir Al-Marâghî dan tafsir Al-Miṣbâẖ dalam menafsirkan parenting pada QS. Aṣ-Ṣaffât ayat 100-102.
Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan, dimana menggunakan metode kualitatif sebagai pendekatannya. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan studi komparatif.
Berdasarkan keseluruhan pembahasan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1)Hasil analisis parenting yang dimaksud pada QS. aṣ-Ṣaffât ayat 100-102 menunjukkan parenting yang dapat dimaksud dari kisah Nabi Ibrahim as adalah kelekatan yang aman (secure attachment). Sebab tanda-tanda parenting Nabi Ibrahim as merujuk kepada secure attachment dalam mendidik Ismail as. Adapun tanda-tanda tersebut, diantaranya: rasa saling percaya antara orang tua dan anak, komunikasi dialogis antara orang tua dan anak, serta ditemukan bukti keduanya membangun kedekatan yang kekal. 2.) Hasil analisis persamaan dan perbedaan penafsiran antara tafsir Al-Marâghî dan tafsir Al-Miṣbâẖ sebagai berikut: persamaan, ditemukannya persamaan dalam menafsirkan maksud ungkapan ‘yâ bunayya’ sebagai bentuk ungkapan kasih sayang Nabi Ibrahim as kepada sang anak, begitu juga penafsiran ‘yâ abatî’ diartikan sebagai respon atas kepatuhan dan rasa hormat Nabi Ismail as kepada sang ayah, selanjutnya dalam menafsirkan kabar berita dalam ayat 101 tafsir Al-Marâghî dan tafsir Al-Miṣbâẖ menafsirkannya sebagai kabar kelahiran seorang anak laki-laki, serta tafsir Al-Marâghî dan tafsir Al-Miṣbâẖ memiliki corak penafsiran yang serupa, yakni: al-Adâbi al-Ijtimâ’î. Beberapa perbedaan dalam penafsiran juga ditemukan dalam tafsir Al-Marâghî dan tafsir Al-Miṣbâẖ pada QS. aṣ-Ṣaffât ayat 100-102.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Miss Diva Nurul Rahma Khoerudin
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:01
Last Modified: 19 Jan 2023 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17893

Actions (login required)

View Item View Item