PROGAM PELATIHAN TERJEMAH AL–QUR’AN PONDOK PESANTREN SAFINATUL HUDA UNTUK MEMPERMUDAH DALAM MEMAHAMI AL–QUR’AN BAGI JAMIYAH MUSLIMAT NAHDLATUL ULAMA’ RANTING PAKIS BANYUWANGI

Mohamad, Sukron Maulidani (2022) PROGAM PELATIHAN TERJEMAH AL–QUR’AN PONDOK PESANTREN SAFINATUL HUDA UNTUK MEMPERMUDAH DALAM MEMAHAMI AL–QUR’AN BAGI JAMIYAH MUSLIMAT NAHDLATUL ULAMA’ RANTING PAKIS BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Uiniversitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi Sukron watermark.pdf

Download (6MB)

Abstract

Progam Pelatihan Terjemah Al – Qur‟an Pondok Pesantren Safinatul Huda
adalah suatu kegiatan rutinitas yang diadakan oleh pihak jamiyah muslimat ranting
Pakis Banyuwangi yang di dalamnya terdapat pembelajaran tambahan yang diberikan
kepada para jama‟ah untuk Untuk Mempermudah Dalam Memahami Al – Qur‟an
Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Langkah –
langkah progam pelatihan terjemah Al – Qur‟an Pondok Pesantren Safinatul Huda
untuk mempermudah dalam memahami Al – Qur‟an bagi jamiyah muslimat Nahdlatul
Ulama‟ Ranting Pakis Banyuwangi. (2) Bagaimana Metode apa yang digunakan dalam
progam pelatihan terjemah Al – Qur‟an Pondok Pesantren Safinatul Huda untuk
mempermudah dalam memahami Al – Qur‟an bagi jamiyah muslimat Nahdlatul Ulama‟
Ranting Pakis Banyuwangi. (3). Bagaimana Faktor penghambat dan pendukung progam
pelatihan terjemah Al – Qur‟an Pondok Pesantren Safinatul Huda untuk mempermudah
dalam memahami Al – Qur‟an bagi jamiyah muslimat Nahdlatul Ulama‟ Ranting Pakis
Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Langkah – langkah progam
pelatihan terjemah Al – Qur‟an Pondok Pesantren Safinatul Huda untuk mempermudah
dalam memahami Al – Qur‟an bagi jamiyah muslimat Nahdlatul Ulama‟ Ranting Pakis
Banyuwangi (2) Mendeskripsikan Metode yang digunakan dalam progam pelatihan
terjemah Al – Qur‟an Pondok Pesantren Safinatul Huda untuk mempermudah dalam
memahami Al – Qur‟an bagi jamiyah muslimat Nahdlatul Ulama‟ Ranting Pakis
Banyuwangi (3) Mendeskripsikan Faktor penghambat dan pendukung progam pelatihan
terjemah Al – Qur‟an Pondok Pesantren Safinatul Huda untuk mempermudah dalam
memahami Al – Qur‟an bagi jamiyah muslimat Nahdlatul Ulama‟ Ranting Pakis
Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field
reseach, sedangkan metode pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif miles
huberman melalui langkah-langkah: kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Adapun keabsahan data yang di gunakan adalah triangulasi sumber dan
teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan; (1) Langkah – langkah progam
pelatihan terjemah Al – Qur‟an Pondok Pesantren Safinatul Huda untuk mempermudah
dalam memahami Al – Qur‟an bagi jamiyah muslimat Nahdlatul Ulama‟ Ranting Pakis
Banyuwangi Dalam langkah awal Membayar 300 ribu perbulan kepada pihak yayasan
progam pelatihan terjemah Al – Qur‟an Pondok Pesantren Safinatul Huda, Syarat
mengikuti program tersebut adalah bisa membaca huruf hijaiyah, dan Proses
pembelajarannya pertama dibuka dengan salam, memuji Allah SAW. sholawat dan
mengulang kembali yang hasil pertemuan sebelumnya kemudian dilanjutkan dengan
prolog awal dari apa yang akan dipelajari kemudian saya membuka Al – Qur‟an yang
ada di modul setelah itu menerangkan ayat-ayat yang terjadi pengulangan tetapi tidak lupa untuk membahas dhomir dan tasrifnya. (2) Metode yang digunakan dalam progam
pelatihan terjemah Al – Qur‟an Pondok Pesantren Safinatul Huda untuk mempermudah
dalam memahami Al – Qur‟an bagi jamiyah muslimat Nahdlatul Ulama‟ Ranting Pakis
Banyuwangi adalah metode tikror yaitu terjemah kosa kata dan mencari kata-kata yang
baru yang belum terjadi pengulangan. (3) Faktor penghambat dan pendukung progam
pelatihan terjemah Al – Qur‟an Pondok Pesantren Safinatul Huda untuk mempermudah
dalam memahami Al – Qur‟an bagi jamiyah muslimat Nahdlatul Ulama‟ Ranting Pakis
Banyuwangi adalah: 1) Latar belakang peserta yang berbeda-beda, 2) Latar belakang
pendidikan, 3) faktor usia, 4) faktor waktu. Sedangkan faktor pendukungnya adalah 1).
Metodenya singkat, 2). Modul pembelajaran. 3) Niat dan semangat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Sukron Maulidani
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:50
Last Modified: 24 Jan 2023 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17902

Actions (login required)

View Item View Item