Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Di Pondok Hypnotic Qur'an Kota Probolinggo

Rahman, Novila Yeni (2023) Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Di Pondok Hypnotic Qur'an Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI novila yeni rahman WTMK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Novila Yeni Rahman,2022:Pemberdayaan Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Hypnotic Qur’an Kota Probolinggo.
Kata kunci:Strategi pemberdayaan dan model pemberdayaan
Pondok pesantren yang menghadapi tantangan zaman, dengan membentuk santri yang handal khususnya dalam bidang entrepreneur yaitu pondok pesantren hypnotic qur’an di Kelurahan sumber taman, kecamatan wonoasih, kota probolinggo. Salah satu upaya tersebut merupakan memberdayakan potensi ekonomi kedepannya serta membangun sebuah masyarkat yang mandiri nantinya dan melahirkan sebanyak-banyaknya wirausahawan baru yang juga memiliki wawasan keagamaan. Asumsinya sederhana, kewirausahaan pada dasarnya adalah kemandirian terutama kemandirin ekonomis dan kemandirian adalah keberdayaan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja straregi pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Hypnotic Qur’an Kota Probolinggo?2) Bagaimana model pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Hypnotic Qur’an Kota Probolinggo?3) Apa saja kendala dan peluang pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Hypnotic Qur’an Kota probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah: 1)mendeskripsikan strategi pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Hypnotic qur’an Kota Probolinggo.2)Mengetahui model pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Hypnotic Qur’an Kota Probolinggo.3)Mengetahui kendala dan peluang pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Hypnotic Qur’an Kota Probolinggo.
​Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan situasi tertentu berdasarkan data yang diperoleh dilapangan secara terperinci. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi langsung di Pondok Pesantren Hypnotic Qur’an Kota Probolinggo. Dalam memilih informan penulis menggunakan pusposive sampling.
Penelitian memperoleh kesimpulan:1) Strategi pemberdayaan kewirausahaan santri menggunakan motivasi, peningkatan kesadaran dan pelatihan kemampuan, manajemen diri, serta pembangunan dan pengembangan jejaring. 2) Model yang digunakan dalam pemberdayaan adalah model partisipatif yaitu menerapkan penyadaran, perencanaan program, pelaksanaan program sampai evaluasi program dilakukan secara internal (tidak melibatkan orang luar).3) a.kendala pertama yaitu berkaitan dengan produksi yang terkadang kurang memenuhi target pasar, yang kedua adalah pemesanan bahan produk yang sering telat, ketiga fase naik turunnya penghasilan dan yang terakhir fokud santri yang terbagi antara hafalan dan membuat produk serta pemasarannya. b.peluang nya adalah santri mendapatkan pengalaman tentang kewirausahaan, santri mendaptkan penghasilan dari penjualan, dan berjalannya kemandirian pesantren untuk memenuhi oprasional yang didaoan dari unit usaha ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mrs Novila Yeni Rahman
Date Deposited: 20 Jan 2023 09:21
Last Modified: 20 Jan 2023 09:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17912

Actions (login required)

View Item View Item