Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini

Indah, Wahyuni (2023) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (6). pp. 5840-5849. ISSN ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)

[img] Text
artikel sinta 2.pdf

Download (284kB)

Abstract

Gaya belajar merupakan salah satu faktor pendukung kemampuan literasi numerasi yang
dapat memudahkan dalam proses pembelajaran dan berkomunikasi. Setiap anak mempunyai
gaya belajar sendiri-sendiri dan tidak dapat dipaksakan untuk menggunakan gaya belajar
yang seragam, sehingga kemampuan numerasi anakpun juga berbeda. Penelitian ini mengkaji
kemampuan numerasi berdasarkan gaya belajar pada anak usia dini. Jenis penelitian ini
kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian sebanyak 15 orang anak kelompok B (usia 5-6
tahun). Pengumpulan data melalui tes bergambar dan wawancara. Reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan dilakukan dalam analisis data. Hasil penelitian mengungkap
bahwa kemampuan literasi numerasi anak dengan gaya belajar visual ketika diberi soal tes
bergambar, langsung merespon dengan cepat dan jawaban yang diberikan lengkap.
Sedangkan anak dengan gaya belajar auditori tidak langsung merespon, anak tipe gaya belajar
ini merasa tidak percaya diri. Sedangkan anak dengan gaya belajar kinestetik tidak senang jika
diberi soal tes bergambar, dia lebih bergerak dan berpindah-pindah tempat, sehingga jawaban
yang dihasilkannyapun tidak lengkap.

Item Type: Article
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs Indah Wahyuni
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:19
Last Modified: 25 Jan 2023 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17934

Actions (login required)

View Item View Item