ANALISIS AKAD MUKHABARAH PADA PRAKTEK PAROH DUWEK (PARON) DI KECAMATAN SUKOWONO KABUPATEN JEMBER

Azizah, Azizah (2022) ANALISIS AKAD MUKHABARAH PADA PRAKTEK PAROH DUWEK (PARON) DI KECAMATAN SUKOWONO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
SKRIPSI_AZIZAH WTM.pdf

Download (6MB)

Abstract

Azizah, HJ. Mariyah Ulfah, M.E.I. 2022: Analisis Akad Mukhabarah Pada Praktek Paroh Duwek (Paron) Di Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember.

Kerja sama dengan sistem bagi hasil telah banyak dilakukan oleh masyarakat dengan berdasarkan pada adat atau kebiasaan yang sering dilakukan. Masyarakat pada pelaku usaha pertanian tembakau pun banyak yang melakukan kerja sama tersebut sebagai jalan keluar untuk masalah permodalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan akad mukhabarah sebagai model kerja sama dengan system paron dan untuk mengalisis perhitungan laba penjualan pada usaha pertanian tembakau di Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember.
Fokus penelitian yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Praktek Paroh Duwek (Paron) Di Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana Analisis Akad Mukhabarah Pada Praktek Paroh Duwek (Paron) dikecamatan Sukowono Kabupaten Jember.
Tujuan Penelitian ini Adalah Untuk Mengetahui :1) Untuk mengetahui bagaimana Praktek Paroh Duwek (Paron) Di Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui Analisis Akad Mukhabarah pada Praktek Paroh Duwek (Paron) dikecamatan sukowono kabupaten jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif – deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Sumber Wringin yang berada di Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Informan pada lokasi penelitian tersebut ditentukan dengan metode purposive. Jenis data pada penelitian ini ialah data primer (dikumpulkan dengan metode wawancara yang mendalam, observasi, dan dokumentasi). Penelitian berperan sebagai instrument kunci. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi kemudian data dianilisis menggunakan analisis interaktif dan analisis pendapatan.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) Praktek paroh duwek (paron) yang dilakukan di Dessa Sumber Wringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember, Akad kerjasama bagi hasil yang dilakukan secara lisan, tidak tertulis dan tanpa adanya saksi-saksi. Dimana petani pemilik lahan menyerahkan seluruhnya lahan kepada petani penggarap lahan, dan pengelola lahan yang menanggung semua biaya yang yang dibutuhkan. 2) Pelaksanaan akad mukhabrah pada praktek paroh duwek (paron) di Desa Sumber Wringin Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember, yaitu Tidak ada syarat dalam melakukan sistem bagi hasil paroh duwek, batas waktu yang ditentukaan satu kali musim masa tanam. Dalam menghitung pembagian hasil di akhir kerjasama atau setelah panen hasil tersebut harus dikurangi biaya awal atau modal, kemudian sisanya akan dibagi anatar pemilik lahan dan penggarap lahan sesuai kesepakatan yang telah ditetapkan pada saat akad atau awal perjanjian tanpa memberatkan salah satu pihak antara pemilik lahan dan pengelola lahan.

Kata kunci : Akad Mukhabarah, Praktik, Paroh Duwek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Azizah Azizah
Date Deposited: 20 Jan 2023 09:28
Last Modified: 20 Jan 2023 09:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17949

Actions (login required)

View Item View Item