KISAH NABI YUSUF AS DAN ZULAIKHA DALAM SURAT YUSUF AYAT 22-35 (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

HOITHUN MARRO DINILLAH, M SHOLIH ALMANSUR (2023) KISAH NABI YUSUF AS DAN ZULAIKHA DALAM SURAT YUSUF AYAT 22-35 (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M._SHOLIH_ALMANSUR_HOITUN_MARRO_DINILLAH_fix[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Kisah, Analisis Semiotika.
Kisah Nabi Yusuf disebut kisah yang paling baik dalam al-Qur’an (ahsanul qashash), sebab kisah tersebut terkumpul menjadi satu dalam surat Yusuf. Untuk mengisahkan sebuah cerita antara Nabi Yusuf dan Zulaikha, al-Qur’an menggambarkan kisah ini dengan bahasa yang santun dan tidak fulgar.
Penelitian ini mengkaji kisah Nabi Yusuf AS dan Zulaikha dalam Surat Yusuf ayat 22-35 dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Alasan peneliti mengangkat judul penelitian ini, pertama, kisah ini sangat cocok bagi para pemuda yang sudah memasuki usia pubertas sebagai pelajaran untuk menjaga pandangan dari perbuatan zina. Kedua, dalam kisah ini dapat menjadi pelajaran bagi semua wanita yang sudah memiliki suami yang memiliki jabatan pemerintahan baik dalam kelas bawah sampai kelas elit, supaya tidak memanfaatkan jabatannya untuk menuruti hawa nafsunya. Ketiga, terdapat kisah perselingkuhan antara Zulaikha dengan Nabi Yusuf.
Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini: 1) Bagaimana pemaknaan denotasi, konotasi dan mitos kisah Nabi Yusuf AS dan Siti Zulaikha dalam Surat Yusuf ayat 22-35?. 2) Bagaimana implikasi dari hasil pemaknaan kisah Nabi Yusuf AS dan Siti Zulaikha dalam Surat Yusuf ayat 22-35?.
Tujuan penenlitian ini adalah: 1) Menjelaskan makna denotasi, konotasi dan mitos kisah Nabi Yusuf AS dan Zulaikha dalam Surat Yusuf ayat 22-35. 2) Menjelaskan implikasi dari hasil pemaknaan kisah Nabi Yusuf AS dan Zulaikha dalam Surat Yusuf ayat 22-35.
Dalam menganalisis kisah ini peneliti menggunakan metode deskriptif-analitis disebut penelitian pustaka (library research), menganalisis data-data kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha dengan analisis Semiotika Roland Barthes. Kisah ini akan dibaca dengan tahapan analisis pembacaan semiotik, agar dapat mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitosnya, sehingga dapat ditemukan pesan-pesan dan nilai-nilai yang terkandung dari kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha ini. Untuk teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dengan mencari data yang relevan dengan penelitian.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) Dari hasil pemaknaan denotasi, konotasi dan mitos terkumpul menjadi satu membetuk suatu istilah ajaran dan nilai-nilai ketuhanan, keimanan, sisi biologis pria-wanita, politik, dan gengsi dalam status sosial antara lain yaitu; tentang ilmu dan kebijaksanaan, tentang ajaran menundukkan pandangan dari perbuatan zina, nilai negatif perilaku playing victim, tentang ajaran cara mengadili dan memutuskan suatu perkara, tentang buruknya perilaku menggunjing, tentang cara mengungkap suatu fakta, dan tentang politik. 2) Implikasi dari kisah ini dapat dijadikan suatu peringatan pertama, bagi kaum pemuda yang sudah memasuki masa asyudda/ masa pubertas harus menjaga pandangan dan hindari hal-hal yang bisa meamancing kemaksiatan dan perzinaan. Kedua, bagi wanita yang sudah memiliki suami jangan melakukan perselingkuhan apalagi menggoda pria bujang, karena itu perbuatan amoral dan dosanya besar. Dan jika telah berbuat salah jangan memutar balikan fakta atau menuduh sesorang telah berbuat salah. Ketiga, bagi wanita-wanita meskipun sudah mendengar berita buruk dari seorang pelaku, maka alangkah baiknya tanyakan secara langsung kepada yang bersangkutan agar tidak terjadi gunjingan dan celaan-celaan terhadap pelaku. Keempat, bagi pemimpin dan calon pemimpin yang baik yang sudah memiliki jabatan atau yang akan menerima jabatan dalam suatu pemerintahan, janganlah menyalahgunakan wewenang itu untuk kepuasan pribadi karena semua perbuatan makhluk Allah akan dipertanggungjawabkan kelak di hari kiamat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: M Sholih Almansur HOithun Marro Dinillah Muhammad
Date Deposited: 20 Jan 2023 09:12
Last Modified: 20 Jan 2023 09:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17951

Actions (login required)

View Item View Item