PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V A MIN 06 TANGGUL JEMBER

Yuliniantin, Norma (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V A MIN 06 TANGGUL JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Norma Yuliniantin. T20184028 Watermark.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pop Up Book

Media pembelajaran dapat dimaknai sebagai alat yang membawa pesan dan informasi antara guru dan siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan untuk pembelajaran adalah media Pop Up Book. MIN 06 Jember merupakan lembaga madrasah di Jember yang menerapkan media Pop Up Book dalam proses pembelajarannya. Namun, media Pop Up Book tersebut masih perlu dikembangkan. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V A MIN 06 Jember diperoleh informasi bahwa penggunaan media Pop Up Book masih perlu dilakukan adanya pengembangan, dikarenakan penggunaan masih kurang maksimal dikarenakan penggunaanya masih berfokus pada satu pembelajaran saja.
Dalam penelitian pengembangan ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana desain pengembangan media Pop Up Book pada pembelajaran tematik siswa kelas V A di MIN 06 (2) Bagaimana kelayakan pengembangan media Pop Up Book pada pembelajaran tematik siswa kelas V A di MIN 06 (3) Bagaimana efektivitas pengembangan media Pop Up Book pada pembelajaran tematik siswa kelas V A di MIN 06. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan desain pengembangan media Pop Up Book pada pembelajaran tematik siswa kelas V A di MIN 06 (2) untuk mengetahui kelayakan dari media Pop Up Book pada pembelajaran tematik siswa kelas V A di MIN 06 (3) untuk mengetahui keefektivitasan media Pop Up Book pada pembelajaran tematik siswa kelas V A di MIN 06.
Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tematik di Kelas V A MIN 06 Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation .teknik pengumpulan datayang digunakan yakni angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan media ini adalah Pop Up Book yang didalamnya memuat materi IPA tentang “organ-organ pencernaan manusia”, yang di awali dengan cover dan dilanjut dengan slide-slide atau lembaran yang berisi materi pembelajaran. (2) Hasil kelayakan Media Pop Up Book dibuktikan dengan uji validasi yang dilakukan oleh 3 validator, yaitu validasi media, validasi materi, dan validasi pembelajaran. Rata-rata hasil prosentasi validasi oleh 3 validator diperoleh nilai rata-rata 90% yang artinya media Pop Up Book dikategorikan sangat valid atau layak untuk digunakan (3) Hasil keefektifan Media Pop Up Book diketahui dari hasil belajar peserta didik dan angket respon peserta didik. Instrument yang digunakan dalam mengukur hasil belajar adalah menggunakan tes pretest dan posttest. Sedangkan analisis respon peserta didik diukur dengan menggunakan angket respon siswa terhadap media Pop Up Book. Hasil keefektifan media Pop Up Book diketahui dan diperoleh menggunakan penghitungan N-Gain Score denga menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 68%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email yulinianurma@gmail.com
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:13
Last Modified: 24 Jan 2023 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17954

Actions (login required)

View Item View Item