Upaya pemberdayaan perempuan melalui batik suket teki di kelurahan kebonagung kecamatan kaliwates kabupaten jember

Jamilah, Nur Azizah (2023) Upaya pemberdayaan perempuan melalui batik suket teki di kelurahan kebonagung kecamatan kaliwates kabupaten jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Full (Revisi) WTR.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Azizah Jamilah 2022: Upaya Pemberdayaan Perempuan Melalui Batik Suket Teki di Kelurahan Kebonagung Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember
Kata Kunci: Upaya Pemberdayaan Perempuan, Batik Suket Teki

Pemberdayaan adalah suatu upaya yang dilakukan untuk memberikan penguatan atau daya/energi (power) kepada seseorang maupun kelompok masyarakat untuk mengambil tindakan dan berperan dalam mengatasi problemanya sendiri dan meningkatkan standar hidup yang sejahtera. Upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh Kelurahan melalui Batik Suket Teki di Kecamatan Kebonagung merupakan salah satu pemberdayaan yang dilakukan untuk mengangkat perekonomian dan status perempuan makin sejahtera terlebih dalam memperoleh pendapatan secara mandiri dari hasil produksi batik yang dilakukan. Batik Suket Teki merupakan batik khas Jember yang menggunakan bahan pewarna alami serta motif yang beraneka ragam. Suket Teki tidak hanya memproduksi kain batik saja, akan tetapi juga berpa tas, masker, taplak meja, serta kegiatan lain seperti menjahit, merajut dan menulis buku.
Fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana proses pemberdayaan perempuan yang dilakukah oleh Kelurahan Kebonagung melalui Batik Suket Teki di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pemberdayaan perempuan melalui Batik Suket Teki di Kelurahan Kebonagung Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan proses pemberdayaan yang dilakukan oleh Kelurahan Kebonagung melalui Batik Suket Teki di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 2) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pemberdayaan perempuan melalui Batik Suket Teki di Kelurahan Kebonagung Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Untuk menyusun hasil temuan lapangan, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Sedangkan untuk amalisis data menggunakan model Miles dan Humberman.
Hasil dari penelitian ini, yaitu: 1) Proses pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh Kelurahan Kebonagung melalui Batik Suket Teki meliputi tiga tahapan, yakni Tahap Penyadaran, Tahap Pengkapasitasan, dan Tahap Pendayaan. 2) Faktor pendukung dalam pemberdayaan melalui Batik Suket Teki meliputi dukungan dari aparat desa, adanya sarana dan prasarana, sumber daya manusia. sedangkan faktor penghambat dalam pemberdayaan melalui batik suket teki meliputi kurangnya kesadaran masyarakat, dan kurangnya dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Depositing User: Ms Nur Azizah Jamilah
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:33
Last Modified: 20 Jan 2023 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17956

Actions (login required)

View Item View Item