Kecerdasan Interpersonal Pelaku Verbal Bullying Di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Glagasan Rowotamtu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

arini, fitra (2022) Kecerdasan Interpersonal Pelaku Verbal Bullying Di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Glagasan Rowotamtu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FITRA ARINI WATERMARK T20184036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecerdasan interpersonal dalam lingkungan sekolah sangat dibutuhkan untuk mengetahui tingkat sosial yang dimiliki siswa. Kurangnya kecerdasan interpersonal siswa menyebabkan timbulnya masalah masalah sosial dimasyarakat. Salah satu hal yang menyebabkan tinggi rendahnya kecerdasan interpersonal adalah verbal bullying. Hal itu juga terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Glagasan Rowotamtu Jember, maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang kecerdasan interpersonal pelaku verbal bullying yang terjadi di lapangan.
Fokus penelitian ini meliputi: (1.) Bagaimana kecerdasan interpersonal dalam dimensi social sensitivity pelaku verbal bullying di MI Hidayatul Mubtadiin Glagasan Rowotamtu Jember? (2.) Bagaimana kecerdasan interpersonal dalam dimensi social insight pelaku verbal bullying di MI Hidayatul Mubtadiin Glagasan Rowotamtu Jember? (3.) Bagaimana kecerdasan interpersonal dalam dimensi social communication pelaku verbal bullying di Madrasah Ibtidaiyah Glagasan Rowotamtu Jember.
Tujuan penelitian ini adalah (1.) Mendeskripsikan kecerdasan interpersonal dimensi sosial sensitivity pelaku verbal bullying di Madrasah Ibtidaiyah Glagasan Rowotamtu Jember (2.) Mendeskripsikan kecerdasan interpersonal dimensi social insight pelaku verbal bullying di Madrasah Ibtidaiyah Glagasan Rowotamtu Jember (3.) Mendeskripsikan kecerdasan interpersonal dimensi social communication pelaku verbal bullying di Madrasah Ibtidaiyah Glagasan Rowotamtu Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1.) Hasil kecerdasan interpersonal pelaku verbal bullying dimensi social sensitivity kurang baik karena pelaku masih menggangu temannya (2.) Hasil kecerdasan interpersonal pelaku verbal bullying dimensi social insight baik karena pelaku memiliki kesadaran diri dan dapat memecahkan permasalahan secara efektif (3.) Hasil kecerdasan interpersonal pelaku verbal bullying dimensi social communication baik karena pelaku memiliki komunikasi sosial yang sangat tinggi di lingkungan sosialnya.
Kata Kunci: kecerdasan Interpersonal, Verbal Bullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs fitra arini
Date Deposited: 20 Jan 2023 08:49
Last Modified: 20 Jan 2023 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17961

Actions (login required)

View Item View Item