Self Regulated Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) Ebqory Jember Tegal Besar Kaliwates Jember Tahun 2022

Khasanah, Uswatun (2022) Self Regulated Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) Ebqory Jember Tegal Besar Kaliwates Jember Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
USWATUN KHASANAH_T20181108.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Self Regulated Learning, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Santri
Menghafal Al-Qur’an adalah aktivitas yang membutuhkan waktu, tenaga dan fikiran. Fenomena yang ada santri memutuskan untuk menghafal dan kuliah secara beriringan. Hal ini tentu tidak mudah bagi santri untuk melaksanakan kegiatan pondok dan kuliah. Oleh karena itu self regulated learning sangat penting bagi santri yang sedang menghafalkan Al-Qur’an, dengan adanya self regulated learning santri mampu mengembangkan kemampuan menghafalnya dan menjalankan kewajiban kuliah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana faktor individu dalam mengembangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ebqory Tegal Besar Kaliwates Jember Tahun 2022? 2) Bagaimana faktor perilaku dalam mengembangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ebqory Tegal Besar Kaliwates Jember Tahun 2022? 3) Bagaimana faktor lingkungan dalam mengembangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ebqory Tegal Besar Kaliwates Jember 2022?.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan faktor individu dalam mengembangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ebqory Jember Tahun 2022. 2) mendeskripsikan faktor perilaku dalam mengembangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ebqory Jember Tahun 2022. 3) mendeskripsikan faktor lingkungan dalam mengembangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ebqory Jember Tahun 2022.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan Kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1) Faktor individu dalam mengembangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri dengan memahami arti ayat Al-Qur’an dapat memudahkan dalam proses menghafal, mengatur waktu antara ziyadah dan muroja’ah, memiliki target untuk mengkhatamkan hafalan Al-Qur’annya. 2) Faktor perilaku dalam mengembangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri dengan santri diantaranya menyiapakan setoran jauh-jauh waktu, masa suci minimal mendapat hafalan satu juz, menambah waktu ngaji, tidak membandingkan pencapaian hafalan dengan teman lain. 3) Faktor lingkungan dalam mengembangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri orang tua sangat memberi dukungan dalam menghafal, kegiatan setoran langsung pada pengasuh akan lebih menumbuhkan semangat, sesama teman yang menghafal saling mengingatkan untuk semangat menambah hafalan dan juga muroja’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Uswatun Khasanah
Date Deposited: 20 Jan 2023 08:52
Last Modified: 20 Jan 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17972

Actions (login required)

View Item View Item