PERAN MAJELIS GEMA SHOLAWAT INDONESIA ANAK JALANAN(GESIJ) DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS KAUM MUDA DI DESA GAMBIRONO KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER

Zahro, Fatimatus (2022) PERAN MAJELIS GEMA SHOLAWAT INDONESIA ANAK JALANAN(GESIJ) DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS KAUM MUDA DI DESA GAMBIRONO KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatimatus Zahro_T20171105.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Majelis Sholawat GESIJ, Religiusitas Kaum Muda
Pesatnya arus globalisasi serta kemajuan teknologi mengakibatkan tidak sedikit dari kaum muda yang tergelincir terbawa arus tersebut. Kaum muda sebagai generasi penerus bangsa sudah sepatutnya diselamatkan dari arus negatif perkembangan zaman. Terutama kaum muda anak jalanan yang sama sekali tidak memiliki wadah yang bisa mengayomi mereka. Maka dari itu dibutuhkan sebuah wadah yang mampu mengayomi dan memiliki program yang menunjang untuk meningkatakan religiusitas kaum muda, terutama kaum muda anak jalanan.
Sehingga dengan demikian fokus penelitian ini ialah (1) Bagaimana peran majelis Gema Sholawat Indonesia Anak Jalanan(GESIJ) dalam meningkatkan religiusitas kaum muda aspek keyakinan? (2) Bagaimana peran majelis Gema Sholawat Indonesia Anak Jalanan(GESIJ) dalam meningkatkan religiusitas kaum muda aspek praktek agama? (3) Bagaimana peran majelis Gema Sholawat Indonesia Anak Jalanan(GESIJ) dalam meningkatkan religiusitas kaum muda aspek pengetahuan agama?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikanbagaimana peran majelis Gema Sholawat Indonesia Anak Jalanan(GESIJ) dalam meningkatkan religiusitas kaum muda aspek keyakinan (2) Mendeskripsikanbagaimana peran majelis Gema Sholawat Indonesia Anak Jalanan(GESIJ) dalam meningkatkan religiusitas kaum muda aspekpraktek agama (3) Mendeskripsikanbagaimana peran majelis Gema Sholawat Indonesia Anak Jalanan(GESIJ) dalam meningkatkan religiusitas kaum muda aspek pengetahuan agama.
Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan model Milles, A. Michael Huberman dan Jonny Saldana. Adapun langkah-langkahnya meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa majelis shalawat GESIJsangat berperan dalam meningkatkan religiusitas kaum muda yaitu ditandai dengan (1)Kaum muda menjadi lebih yakin dan percaya mengenai hal-hal ghaib serta adanya pembalasan atas sesuatu yang di perbuat (2) Kaum muda menjadi lebih rajin beribadah, berpuasa, membaca Al-Qur’an, dan lain-lain (3) Kaum muda menjadi lebih paham dan mengetahui beberapa ilmu pengetahuan mengenai agama seperti ilmu mengenai akidah, ibadah, muamalah, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatimatus Zahro
Date Deposited: 20 Jan 2023 08:58
Last Modified: 20 Jan 2023 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17979

Actions (login required)

View Item View Item