Implementasi Alat Permainan Edukatif Tutup Botol Pintar Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Kelompok B Di RA Ad-Dzikir Sumenep Madura Tahun Pelajaran 2021/2022

Fauzah, Iftitahatul (2022) Implementasi Alat Permainan Edukatif Tutup Botol Pintar Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Kelompok B Di RA Ad-Dzikir Sumenep Madura Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IFTITAHATUL FAUZAH_ T20185038.pdf

Download (3MB)

Abstract

Implementasi Alat Permainan Edukatif Tutup Botol Pintar Dalam Mengembangkan KognitiAnak Kelompok B Di RA Ad-Dzikir Sumenep Madura Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata kunci: APE, Tutup botol pintar, Perkembangan kognitif
Tutup botol pintar ialah suatu benda konkrit yang dapat dilihat dan diraba serta dapat memberikan nilai edukasi terhadap aspek perkembangan anak. selain itu, tutup botol pintar dapat menstimulasi kemampuan kognitif anak terutama pada tahap pra operasional. Adapun tutup botol pintar sudah diterapkan di RA. Ad-Dzikir Sumenep Madura sebagai alat permainan edukatif guna mengembangkan kognitif pada anak kelompok B.
Fokus penelitian yang diteliti dalam adalah 1) Bagaimana perencanaan implementasi alat permainan edukatif tutup botol pintar dalam mengembangkan kognitifanak kelompok B di RA. Ad-Dzikir? 2) Bagaimana penerapan alat permainan edukatif dalam mengembangkan kognitif anak kelompok B di RA. Ad-Dzikir? 3) Bagaimana hasil perkembangan kognitif anak kelompok B melalui alat permainan edukatif tutup botol pintar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan implementasi alat permainan edukatif tutup botol pintar dalam mengembangkan kognitif anak kelompok B di RA. Ad-Dzikir, 2) Mendeskripsikan penerapan alat permainan edukatif tutup botol pintar dalam mengembangkan kognitif anak kelompok B di RA. Ad-Dzikir, 3) Mendeskripsikan hasil perkembangan kognitif anak kelompok B melalui permainan tutup botol pintar.
Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pegumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Dan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan implementasi APE tutup botol pintar dalam mengembangkan kognitif anak kelompok B di RA. Ad-Dzikir berupa (a) Menyusun Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), (b) Menyiapkan APE tutup botol pintar, (c) Menyiapkan sarana media pendukung. 2) Penerapan APE tutup botol pintar dalam mengembangkan kognitif anak kelompok B di RA. Ad-Dzikir berupa kegiatan bermain mengklasifikasikan tutup botol berdasarkan warna, mengurutkan tutup botol, menyusun tutup botol sesuai pola, bermain penjumlahan dengan media benda konkrit,geometri dan bermain tebak dan susun huruf dengan APE tutup botol pintar. 3) Hasil perkembangan kognitif kelompok B melalui penerapan APE tutup botol pintardi RA. Ad-Dzikir berkembang lebih optimal dengan melihat hasil data perkembangan kognitif anak yakni dari 14 orang anak yang belum berkembang (BB) terdapat 2 orang anak, mulai berkembang (MB) 5 orang anak, berkembang sesuai harapan (BSH) 3 orang anak, dan berkembang sangat baik (BSB) 4 orang anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Iftitahatul Fauzah
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:12
Last Modified: 24 Jan 2023 01:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17991

Actions (login required)

View Item View Item