Penerapan Metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan Asmaul Husna kelompok A di Raudlatul Athfal Al-Mubarok Bagon Puger Jember Tahun Pelajaran 2019-2020

Solihah, Mar’atus (2020) Penerapan Metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan Asmaul Husna kelompok A di Raudlatul Athfal Al-Mubarok Bagon Puger Jember Tahun Pelajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Mar’atus Solihah_T20165054.pdf

Download (20MB)

Abstract

Berbagai metode banyak dilakukan untuk mengsukseskan hafalan peserta didik, mulai dari setoran dua kata nama asmaul husna, media flash card dan lainlain yang dipakai, namun metode tersebut kurang mendukung terhadap anak didik di RA Al-Mubarok. Dari sekian banyaknya siswa ada dua sampai tiga anak yang settoran hafalan serta kurangnya dukungan orang tua terhadap anak, sehingga tujuan yang diinginkan kurang maksimal. Setelah melakukan koreksi metode bernyanyi sebagai metode yang akan dipakai oleh kurikulum sekolah sebagai metode menghafal asmaul husna. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana Penerapan Metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan Asmaul Husna kelompok A di Raudlatul Athfal Al-Mubarok Bagon Puger Jember Tahun pelajaran 2019-2020?; (2)Bagaimana faktor pendukung dan penghambat Penerapan Metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan Asmaul Husna kelompok A di Raudlatul Athfal; Al-Mubarok Bagon Puger Jember Tahun pelajaran 2019-2020? Tujuan penilitian ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan Penerapan Metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan Asmaul Husna kelompok A di Raudlatul Athfal. Al-Mubarok Bagon Puger Jember Tahun pelajaran 2019-2020; (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghamabat Penerapan Metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan Asmaul Husna kelompok A di Raudlatul Athfal Al-Mubarok Bagon Puger Jember Tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif, lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Al- Mubarok Bagon Puger Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, dan verification. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini : pertama metode bernyanyi dalam menghafal asmaul husna sudah dilakukan, dan penerapan serta pemilihan cara duduk di dalam kelas juga dilakukan agar penggunaan metode bernyanyi dalam menghafal asmaul husna dapat dilaksanakan dengan baik. Kedua Metode yang dipakai yaitu metode yang disukai anak-anak, ada tingkat kesadaran wali murid. Faktor penghamabat dalam penggunaan metode ini adalah Siswa kesulitan karena jumlah asmaul husna yang terlalu banyak, Siswa kesulitan karena pelafalan bahasa pada asmaul husna mengguankan bahasa asing yaitu bahasa arab, Anak-anak sering bosan sehingga menimbulkan kegaduhan pada saat pelaksanaan. Kata kunci: Penerapan Metode Bernyanyi, Menghafal Asmaul Husna Kelompok A Raudlatul Athfal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 12 Apr 2021 06:42
Last Modified: 12 Apr 2021 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item