PERSEPSI ORANGTUA DAN GURU TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022

Uffila Devi, Audini (2022) PERSEPSI ORANGTUA DAN GURU TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Audini Uffila Devi, 2022:“Persepsi Orangtua dan Guru Terhadap Pembelajaran PAI Berbasis Online di SMPN 4 Jember”.

Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran berbasis online.

Pembelajaran PAI online yakni proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam yang dilakukan menggunakan perangkat dengan bantuan internet. Penelitian dilakukan di SMPN 4 Jember karena termasuk sekolah unggulan, dan belum ada peneliti terdahulu yang meneliti pada saat pandemi. Dengan situasi pendidikan ketika pandemi akan menimbulkan persepsi dari orangtua dan guru, dimana mereka memiliki tanggapannya sendiri apa yang telah mereka alami. Oleh sebab itu, persepsi orangtua dan guru untuk mendapatkan solusi perbaikan dalam pembelajaran yang efektif dan efisien.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap materi pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4 Jember?, 2) Bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap strategi pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4 Jember?, 3) Bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap media pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4 Jember?, 4) Bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap evaluasi pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4 Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap materi pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4 Jember. 2) Mendeskripsikan bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap strategi pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4 Jember. 3) Mendeskripsikan bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap media pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4 Jember. 4) Mendeskripsikan bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap evaluasi pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif milik Miles dan Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian:1) Materi pembelajaran online PAI seperti aspek aqidah akhlak, fiqih, qurdis, dan sejarah kebudayan Islam harus berada dalam pengawasan guru dan orangtua. 2) Strategi yang sering digunakan guru individual, karena pada masa pandemi tidak memungkinkan anak belajar kelompok dan juga sulit berdiskusi, 3) Media Pembelajaran online di SMPN 4 Jember guru lebih sering menggunakan whatsapp dan zoom, sedangkan google classroom, dan Youtube jarang digunakan, 4) Penilaian kognitif anak bisa didapat dari tugas soal, penilaian afektif guru melihat sikap saat pelajaran, penilaian psikomotorik diperolah dari tugas proyek seperti video praktek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Audini Uffila Devi
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:53
Last Modified: 25 Jan 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18027

Actions (login required)

View Item View Item