Perlindungan Hukum Terhadap Korban Penipuan Melalui SMS (Short Message Service)

Nabila, Farid (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Korban Penipuan Melalui SMS (Short Message Service). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
FARID NABILA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah membawa pengaruh besar bagi kehidupan manusia yang hanya besifat regional menjadi global. Salah satu perkembangan teknologi informasi dan komunkasi beraneka macam jenis telepon seluler dengan kecanggihan yang dimiliki telah merubah cara manusia dalam bertukar informasi dan komunikasi salah satu fitur yang tersedia didalam telepon seluler yaitu layanan pesan singkat atau yang biasa dikenal dengan SMS. Pada awalnya fitur ini digunakan untuk memudahkan manusia dalam menerima dan mengirim pesan singkat. Seiring berkembangnya waktu fitur atau layanan pesan singkat tersebut dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan demi kepentingan pribadi.
Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti mempunyai fokus kajian : 1) Apakah perlindungan hukum terhadap korban penipuan melalui SMS sudah sesuai dengan dengan prinsip-prinsip perlindungan Hukum Positif. 2) Bagaimana perlindungan hukum terhadap korban penipuan melalui SMS perspektif Hukum Pidana Islam.
Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif , yaitu bertujuan untuk menganalisis suatu masalah dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan konseptual sedangkan sumber data yang digunakan bahan hukum primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui metode studi kepustakaan lalu dianalisis secara deskriptif.
Untuk melindungi hak pertanggung jawaban, diantaranya: KUHP BUKU II BAB XXV Pasal 378 Tentang penipuan, yang dapat dijadikan sebagai dasar hukum untuk melindungi hak pertanggung h korban dan mengadili para tersangka. Sedangkan hak jaminan perlindungan dan ganti rugi dapat ditemukan dalam beberapa aturan diantaranya adalah: Undang-Undang No. 31 tahun 2014 Perubahan Undang-Undang No 13 tahun 2006 tentang perlindungan saksi dan korban serta Kitab Undang-Undang Hukum Pidana pasal 98 sampai 101 yang secara teknis dapat diajukan melalui penggabungan gugatan acara perdata atau melalui Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Adapun menurut Hukum Pidana Islam, penipuan SMS tergolong dalam jarimah ta’zir. Dalam kasus ini hukuman yang diberikan kepada tindak pidana penipuan dalam Hukum Islam yang mana hukuman ini dapat berupa hukam penjara, jilid, diasingkan, diperingati, dibunuh dan lain sebagainya.

Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Korban Penipuan, Short Message Service.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Farid Nabila
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:02
Last Modified: 25 Jan 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18028

Actions (login required)

View Item View Item