Bawafi, Muhammad Barik (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Al- Falah Silo Jember. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Muhammad Barik Bawafi_0849317030.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, active learning, dan Pendidikan Agama Islam. Kesuksesan peserta didik sangatlah ditentukan oleh guru yang dapat membimbingnya dalam belajar serta penguasaan sejumlah kompetensi tertentu. Aspek psikologis menunjukkan pada kenyataan bahwa peserta didik pada umumnya memiliki taraf perkembangan yang berbeda. Maka seorang pendidik perlu mengembangkan proses pembelajaran dengan melalui strategi-straegi yang mampu membawa peserta didik senang dalam belajar dan pemahaman pesersa didik. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo Jember?, (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo Jember?, (3) Bagaimanakah evaluasi pembelajaran aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo Jember? Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo Jember, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo Jember (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Al-Falah Silo Jember. Pendekatan dalam penelitian menggunakan kualitatif, jenis penelitian case study (studi kasus), subyek penelitiannya menggunakan Purposive Sampling, teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analissis data menggunakan model Miles dan Huberman serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pertama adalah perencanaan yaitu terletak pada silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kedua adalah pelaksanaan, pada kegiatan pelaksanaan ini ada dua kegiatan yang dilakukan guru PAI yaitu apersepsi/pendahuluan dan kegiatan pembelajaran aktif (active learning). Ketiga adalah evaluasi/penilaian yang dilakukan guru PAI yaitu pada ranah kognetif, psikomotorik, afektif, dan remedial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 06:51 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 06:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1803 |
Actions (login required)
View Item |