Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan yang Berada di IDX Quality30 Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2020-2021)

Rachmah, Shofi Adjeng (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan yang Berada di IDX Quality30 Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2020-2021). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AJENG watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Shofi Adjeng Rachmah, 2022: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit delay (Studi Empiris pada Perusahaan yang berada di IDX Quality30 Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2020-2021).

Audit delay merupakan lamanya/rentang waktu penyelesaian audit yang diukur dari tanggal penutupan tahun buku sampai dengan tanggal diterbitkannya laporan audit. Audit delay dapat mempengaruhi ketepatan informasi yang dipublikasikan, sehingga akan berpengaruh terhadap tingkat ketidakpastian
keputusan yang berdasarkan informasi yang dipublikasikan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah:(1) Apakah profitabilitas berpengaruh terhadap audit delay? (2) Apakah solvabilitas berpengaruh terhadap audit delay? (3) Apakah ukuran perusahaan berpengaruh terhadap audit delay? (4)
Apakah umur perusahaan berpengaruh terhadap audit delay? (5) Apakah profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan berpengaruh terhadap audit delay secara simultan?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap audit delay. (2) Untuk mengetahui pengaruh solvabilitas terhadap audit delay .(3) Untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan terhadap audit delay.
(4) Untuk mengetahui pengaruh umur perusahaan terhadap audit delay. (5) Untuk mengetahui profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan berpengaruh terhadap audit delay secara simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi yang digunakan adalah perusahaan yang berada di IDX Quality30 Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2021. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 24 perusahaan dengan 2 tahun penelitian yang menghasilkan 48 data penelitian. Metode Analisis Menggunakan Regresi Linier Berganda dengan software IBM SPSS Statistics 24.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay. (2) Solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap audit delay.
(3) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay. (4) Umur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay. (5) profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, umur perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap audit delay.

Kata kunci: Audit delay, Profitabilitas, Solvabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Shofi Adjeng
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:07
Last Modified: 25 Jan 2023 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18030

Actions (login required)

View Item View Item