Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Pangan Industri Rumah Tangga Tanpa Mencantumkan Tanggal Kadaluwarsa Studi Lasus Mangli Jember

Kholifatul, Jannah (2023) Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Pangan Industri Rumah Tangga Tanpa Mencantumkan Tanggal Kadaluwarsa Studi Lasus Mangli Jember. Undergraduate thesis, Syariah.

[img] Text
JANNAH PERPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kholifatul Jannah,2022: Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Pangan Industri Rumah Tangga Tanpa Mencantumkan Tanggal Kadaluwarsa Studi Kasus Di Mangli Jember.

Islam telah mengatur secara jelas apa yang diperbolehkan dilakukan dalam kegiatan bisnis. Al-Qur’an menjelaskan hak dan bathil tidak boleh dicampur, jika ada keraguan dalam menentukan suatu pilihan dianjurkan untuk meninggalkan. Seperti halnya praktek bisnis yang dilarang dalam islam yaitu bisnis yang didalamnya terdapat unsur penipuan. Baik dalam bentuk produk maupun jasa.
Banyaknya makanan indonesia dizaman yang sangat modern sekarang ini. Anak-anak bangsa yang memiliki jiwa wirausaha sangat banyak untuk melirik usaha kuliner daerah. Karena salah satu kebutuhan pokok manusia juga adalah makanan. Hal ini menjadi daya tarik wirausahawan-wirausahawan yang ingin mencoba terjun dalam dunia kuliner daerah. Tidak hanya ini banyak juga wirausahawan yang membuka bisnis kuliner atas dasar hobi mereka yang menyukai makanan khas daerah.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1).Bagaimana tanggung jawab produsen atau pelaku usaha apabila terdapat konsumen yang menerima produk makanan kemasan yang kadaluwarsa studi kasus Mangli Jember?2).Bagaimana upaya penyelesaian sengketa antara produsen dengan konsumen yang dilakukan oleh produsen Studi kasus Mangli Jember?
Tujuan penelitian adlah suatu faktor penting dalam suatu penelitian, sebab tujuan ini akan memberikan gambaran tentang arah penelitian yang akan dilakukan. 1). Untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab yang akan dilakukan oleh produsen atau pelaku usaha apabila barang yang diterima oleh konsumen ternyata sudah kadaluwarsa. 2). Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh produsen untuk menyelesaikan sengketa dengan konsumen tersebut.
Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, dengan menitik beratkan kepada hasil pengumpulan data dari informan, lokasi penelitian di Istana Mie Lidi, adapun tekhnik pengupulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik 1). Observasi 2). Wawancara 3). Dokumenter
Hasil penelitian yang peneliti temukan yaitu 1). segala bentuk kerugian yang dialami oleh konsumen dikarenakan tidak adanya tanggal kadaluwarsa maka podusen siap betanggung jawab penuh kerugian yang di alami oleh konsumen. 2). Penyelesaian sengketa dalam hal ini keracunan karena makanan maka penyelesaiannya cukup dengan secara kekeluargaan saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Depositing User: Ms Kholifatul Jannah
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:47
Last Modified: 25 Jan 2023 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18056

Actions (login required)

View Item View Item