Implementasi Program Tahfidz Al-Qur'an dalam Pembentukan Karaker Islami Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023.

Hikmah, Affina Lailatul (2022) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur'an dalam Pembentukan Karaker Islami Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AFFINA NEW SKRIPSI WTKS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Implementasi Program, Tahfidz Al-Qur’an, Karakter Islami Siswa.
Konteks penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya pendidikan karakter siswa di zaman modern saat ini. Oleh karena itu pembentukan karakter sangat perlu diterapkan. Hal ini juga yang diterapkan oleh MAN 1 Kota Probolinggo dalam membentuk karakter islami siswa salah satunya dengan perantara kegiatan keagaamaan yaitu program Tahfidz Al-Qur'an.
Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti berupaya untuk mengungkapkan secara mendalam tentang: (1). Bagaimana perencanaan program Tahfidz Al-Qur'an dalam pembentukan karakter islami siswa di MAN 1 Kota Probolinggo? (2).Bagaimana Pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur'an dalam pembentukan karakter islami siswa di MAN 1 Kota Probolinggo (3).Bagaimana evaluasi program Tahfidz Al-Qur'an dalam pembentukan karakter islami siswa di MAN 1 Kota Probolinggo. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: (1) Mendeskripsikan perencanaan program Tahfidz Al-Qur’an dalam pembentukan karakter islami siswa di MAN 1 Kota Probolinggo.(2) Mendeskripsikan pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an dalam pembentukan karakter islami siswa di MAN 1 Kota Probolinggo (3) Mendeskripsikan evaluasi dari program Tahfidz Al-Qur’an dalam pembentukan karakter islami siswa di MAN 1 Kota Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. untuk menganalisis data menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana.uji kebsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan: (1).Perencanaan program Tahfidz Al-Qur'an dalam pembentukan karakter islami siswa sudah disusun dengan baik yakni mengadakan diskusi terlebih dahulu melalui rapat dengan kepala sekolah, guru dan staf sehingga terbentuklah ekstakulikuler program tahfidz pada tahun 2018 dengan target hafalan 5 juz dalam 3 tahun yang dilasanakan pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu , pada jam 06.15 wib. (2).Pelaksanaan program tahfidz al-Qur'an dalam pembentukan karakter islami siswa sudah berjalan dengan baik dapat dilihat dari proses hafalan dan murojaaah dan metode mengahafal Al-Qur'an yaitu metode wahdah dan takrir serta sebelum pembelajaran diakhiri guru Tahfidz selalu memberikan motivasi kepada siswa.(3).Evaluasi program Tahfidz Al-Qur'an dalam pembentukan karakter islami siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Probolinggo terdapat 2 macam evaluasi yaitu evaluasi Formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi Formatif meliputi penilaian harian seperti murojaah dan setoran hafalan sedangkan evaluasi sumatif meliputi evaluasi semester dan tahunan dengan aspek penilaian yaitu kelancaran membaca, tajwid dan makhrojnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affina Lailatul Hikmah
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:56
Last Modified: 25 Jan 2023 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18060

Actions (login required)

View Item View Item