Peran Perpustakaan IAIN Jember dalam Pembinaan Minat Baca Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam

Arifah, A’yunil (2021) Peran Perpustakaan IAIN Jember dalam Pembinaan Minat Baca Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
A’yunil Arifah_T20171178.pdf

Download (8MB)

Abstract

ata kunci: Peran Perpustakaan, Pembinaan Minat Baca Membaca merupakan suatu upaya yang berperan sangat penting dalam proses belajar mengajar. Kegemaran dan minat mahasisiswa terhadap membaca akan memberikan manfaat bagi kesuksesan belajarnya. Namun dari hasil prasurvei, peneliti melihat bahwa minat baca mahasiswa IAIN Jember tergolong rendah. Menumbuhkan kebiasaan membaca dapat dimulai dari perpustakaan. Perpustakaan perlu dikelola oleh pustakawan agar dapat berfungsi dengan baik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana Peran Perpustakaan IAIN Jember Dalam Pembinaan Minat Baca mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam? 2)Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembinaan minat baca Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Peran Perpustakaan IAIN Jember dalam Pembinaan Minat Baca mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam. 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembinaan minat baca Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Researc. Penentuan subyek penelitian dengan purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik serta analisis data menggunakan kondensasi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian pada skripsi ini yaitu: pertama, Peran perpustakaan IAIN dalam pembinaan minat baca mahasiswa prodi PAI : Pengadaan, pengolahan, penyusunan, pelayanan, peminjaman dan pengembalian bahan pustaka. Dari segi pemeliharaan bahan pustaka, pegawai perpustakaan melakukan perawatan seperti memperbaiki buku/koleksi yang rusak, menjilid, menjaga keamanan dari bahan pustaka itu sendiri. Faktor pendukung dan penghambat peran perpustakaan dalam pembinaan minat baca mahasiswa Prodi PAI di IAIN Jember antara lain: Pembinaan minat baca pada mahasiswa di perpusatakaan IAIN Jember, dilihat dari sistem yang memadai dan teratur dilihat dari sirkulasi peminjaman buku atau bahan bacaan dan menambah koleksi buku. Faktor Penghambat masih ada sebagian kekurangan yang diperlukan mahasiswa masih banyaknya kekurangan mulai dari bahan bacaan, rujukan atau referensi dimana tidak ada kesesuaian yang diinginkan mahasiswa IAIN Jember. Selain itu, juga fasilitas yang cukup memadai belum terlalu maksimal dalam memberikan layanan bagi mahasiswa khususnya pada prodi PAI, dengan ruang yang sempit, kurangnya tenaga dalam pengurusan perpustakaan, minimnya dana, dan kurangnya alat teknologi komputer pecarian buku rujukan atau referensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080799 Library and Information Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diah Magang
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:39
Last Modified: 25 Jan 2023 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18068

Actions (login required)

View Item View Item