Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Jual Beli Menggunakan Katalog Sebagai Media Pemasaran Ditinjau Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus: Sophie Paris di BC Rinda).

Natiqoh, A’yuni (2015) Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Jual Beli Menggunakan Katalog Sebagai Media Pemasaran Ditinjau Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus: Sophie Paris di BC Rinda). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
A’YUNI NATIQOH_083 112 004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu media pemasaran yang saat ini diminati oleh masyarakat adalah dengan menggunakan katalog. Katalog adalah sebuah buku atau majalah yang berisi gambar dan spesifikasi dari produk-produk yang dijualnya. Meskipun jual beli dengan menggunakan katalog ini sangat diminati oleh masayarakat, ternyata hal ini mengundang asumsi dari para konsumen. Konsumen ada yang merasa tidak puas, bahkan ada yang merasa dirugikan dan tertipu. Karena hanya dengan menunjukkan sebuah gambar tanpa melihat langsung bentuk asli dari produk tersebut, terkadang produk yang telah dipesan tidak sesuai dengan gambar yang ada di katalog, baik itu dari segi warna, ukuran maupun bahan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktik jual beli menggunakan katalog sebagai media pemasaran tersebut ? 2) Bagaimana persepsi konsumen terhadap jual beli menggunakan katalog sebagai media pemasaran ? 3) Bagaimana perspektif hukum Islam terhadap jual beli menggunakan katalog sebagai media pemasaran? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan praktik jual beli menggunakan katalog sebagai media pemasaran. Untuk mendiskripsikan persepsi konsumen terhadap jual beli menggunakan katalog sebagai media pemasaran. Untuk menjelaskan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli menggunakan katalog sebagai media pemasaran. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, mendeskripsikan persepsi konsumen terhadap praktik jual beli menggunakan katalog sebagai media pemasaran pada produk Sophie Paris. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa; 1) Dalam praktik penjualan dan pemasaran para member hanya menunjukkan katalog dan tidak memberikan keterangan tambahan. 2) Para konsumen memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap sistem transaksi jual beli dengan menggunakan katalog pada produk Sophie Paris ini. Namun para konsumen cenderung merasa tidak puas dengan transaksi tersebut. 3) Praktik jual beli menggunakan katalog sebagai media pemasaran ini diperbolehkan oleh islam selama transaksi tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan persepsi konsumen yang merasa tidak puas bukan termasuk faktor yang dapat membatalkan jual beli tersebut. Jual beli ini termasuk bai’ istishna’. Akan tetapi, meskipun jual beli seperti ini telah diperbolehkan, prinsip kejujuran, keadilan dan transparansi harus tetap dipelihara dan dipertahankan sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan lagi. Karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal yang sama. Oleh karena itu jual beli secara langsung tetap dipandang lebih baik dan mampu menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms. Cindy Magang
Date Deposited: 25 Jan 2023 06:39
Last Modified: 25 Jan 2023 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18069

Actions (login required)

View Item View Item