Pertiwi, Alvia Eka (2020) Penerapan Strategi Cooperative Learning untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Pendidikan Agama Islam di SLB Negeri Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Alvia Eka Periwi_T20161041.pdf Download (15MB) |
Abstract
Kata kunci : Strategi Cooperative learning, Tungrahita, Pendidikan Agama Islam, SLB Negeri Jember Strategi cooperative learning adalah suatu strategi pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya empat sampai enam orang dengan struktur kelompok heterogen. Sehingga menciptakan suasana belajar yang interaktif, menarik, dan menyenangkan agar siswa bisa merasakan senang dan tidak bosan atau jenuh ketika pelajaran pendidikan agama islam disampaikan Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengelompokan anak berkebutuhan khusus tunagrahita kelas VIII di SLB Negeri Jember tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana strategi pembelajaran Cooperative learning yang diterapkan untuk anak berkebutuhan khusus tunagrahita kelas VIII di SLB Negeri Jember tahun pelajaran 2019/2020 ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan pengelompokan anak berkebutuhan khusus tunagrahita kelas VIII di SLB Negeri Jember. 2) Mediskripsikan strategi pembelajaran cooperative learning yang diterapkan untuk anak berkebutuhan khusus tunagrahita Untuk jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu peneliti bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Pengumpulan data-data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Pengelompokkan anak berkebutuhan khusus tunagrahita DI slb Negeri Jember dikelommpokkan menjadi 3 kelas yakni kelas C untuk anak tunagrahita ringan, dan kelas C1 untuk anak tunagrahita sedang, dan kelas C2 untuk anak tunagrahita Berat. 2) . strategi cooperative learning di SLB Negeri Jember adalah strategi yang menyenangkan dengan cara membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk belajar bersama, bermain, menyanyi dan bercerita ini juga tepat diterapkan untuk anak tunagrahita. Selain menambah konsentrasi siswa dan mengatasi kejenuhan atau kebosanan siswa, strategi ini juga melatih siswa untuk bisa aktif dalam belajar. Akan tetapi penerapan strategi ini juga harus diimbangi dengan strategi yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 13 Apr 2021 02:20 |
Last Modified: | 13 Apr 2021 02:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1807 |
Actions (login required)
View Item |