Pengembangan Budaya Organisasi Di Mts Al-Irsyad Tahun Pelajaran 2017/2018

Ghaffar, Abdul (2018) Pengembangan Budaya Organisasi Di Mts Al-Irsyad Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdul Ghaffar_084 143 088.pdf

Download (48MB)

Abstract

Keberadaan budaya dalam organisasi memang cukup penting. Madrasah sendiri merupakan sebuah organisasi yang berorientasi pada pendidikan. Keberadaan sekolah dapat berfungsi sebagai pelestari budaya, performulasi budaya dan pengembang budaya baru. Adanya budaya agar anggota masyarakat dapat eksis dan diterima oleh lingkungannya dan mampu mewujudkan tujuan bersama yang telah ditentukan. MTs Al-Irsyad Bondowoso merupakan madrasah yang menerapkan pentingnya budaya organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yakni: (1) Bagaimana Pelaksanaan Artifak Dalam Pengembangan Budaya Organisasi Di Mts Al-Irsyad Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana Pelaksanaan Norma Dalam Pengembangan Budaya Organisasi Di Mts Al-Irsyad Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana Pelaksanaan Nilai Dalam Pengembangan Budaya Organisasi Di Mts Al-Irsyad Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? (4) Bagaimana Pelaksanaan Asumsi Dasar Dalam Pengembangan Budaya Organisasi Di Mts Al-Irsyad Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Pelaksanaan Artifak Dalam Pengembangan Budaya Organisasi Di Mts Al-Irsyad Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Norma Dalam Pengembangan Budaya Organisasi Di Mts Al-Irsyad Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Mendeskripsikan Pelaksanaan Nilai Dalam Pengembangan Budaya Organisasi Di Mts Al-Irsyad Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. (4) Mendeskripsikan Pelaksanaan Asumsi Dasar Dalam Pengembangan Budaya Organisasi Di Mts Al-Irsyad Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan jenis Field Research. Penelitian ini menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan artifak di MTs Al-Irsyad Bondowoso yang merupakan tingkatan paling mudah diamati sudah dikelola dengan baik melalui kenampakan nilai-nilai keislaman yang pekat dalam setiap indikator dari artifak. 2) Pelaksanaan Norma di MTs Al-Irsyad Bondowoso secara terkelola telah tersistem dengan adanya tata tertib yang baku dan dibukukan bagi warga madrasah, lengkap dengan ganjaran dan sanksinya. 3) Pelaksanaan nilai di MTs Al-Irsyad Bondowoso pula telah dibakukan dan dibukukan bagi seluruh warga madrasah, serta ditanamkan dalam setiap program kerja madrasah. 4) Pelaksanaan asumsi dasar MTs Al-Irsyad Bondowoso terdapat yang telah tertulis dan tidak tertulis, berguna sebagai acuan dalam menjalankan roda organisasi di madrasah. Kata Kunci: Pengembangan Budaya Organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:14
Last Modified: 25 Jan 2023 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18073

Actions (login required)

View Item View Item