STRATEGI KEPEMIMPINAN ENTREPRENEURSHIP KIAI DALAM ESKALASI KEMANDIRIAN SANTRI MELALUI PENDIDIKAN TERPADU DI PESANTREN

Tsauri, Sofyan (2021) STRATEGI KEPEMIMPINAN ENTREPRENEURSHIP KIAI DALAM ESKALASI KEMANDIRIAN SANTRI MELALUI PENDIDIKAN TERPADU DI PESANTREN. STRATEGI KEPEMIMPINAN ENTREPRENEURSHIP KIAI DALAM ESKALASI KEMANDIRIAN SANTRI MELALUI PENDIDIKAN TERPADU DI PESANTREN, 2 (2). pp. 108-130.

[img] Text
361-Article Text-892-1-10-20230125.pdf

Download (428kB)

Abstract

Pesantren diidealkan sebagai institusi yang secara efektif memberikan jawaban atas perkembangan
tersebut. Historia pesantren telah melewati berbagai tantangan sosial, budaya dan ekonomi
masyarakat yang kosmopolitan. Salah satu unsur yang menjadi pusat pengendali pesantren adalah
Leaderia, Vol. 2, No. 2, Desember 2021, Hal. 108-130
Vol. 2, No. 2, Desember 2021, Hal. 108-130 109
kepemimpinan kiai. Kepemimpinan kiai merupakan topik yang mendapat banyak perhatian
pengkaji pesantren, karena merupakan salah satu faktor yang menentukan pengembangan.
Keberadaan kiai tidak hanya memimpin, memotivasi, tetapi juga menyusun, mengelola dan
mengembangkan kurikulum enterpreneurship. Kepemimpinan entrepreneurship dipandang sebagai
faktor yang kuat meningkatkan kinerja pengurus. Kepemimpinan visioner diyakini sebagai bagian
penting dalam pertumbuhan dan peningkatan kinerja pesantren dalam bidang pengembangan
ekonomi. Kepemimpinan entrepreneurship mengetahui bagaimana mewujudkan ide melalui
manajemen yang efektif, strategi yang jelas. Penelitian ini fokus kepada strategi yang diterapkan
oleh kiai dan kemandirian entrepreneurship santri. Lokasi penelitian ini yakni dilakukan di
Pesantren Nurul Qarnain Jember dan Pesantren Al-Ittifaq Bandung dengan pendekatan kualitatif
dengan desain multikasus dan analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles and
Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah dalam mengembangkan santripreneur dengan
menerapkan pendidikan terpadu. Pesantren Nurul Qarnain dan Pesantren Al-Ittihad memadukan
antara ilmu dan usaha ekonomi. Strategi pendidikan terpadu meliputi peningkatan kecakapan
akademis tenaga pengajar, mendatangkan pakar dalam bidang agribisnis, menjalin kerjasama
dengan lembaga lain, dan pengelolaan pendanaan agribisnis. Metode pendidikan meliputi
penguasaan ilmu-ilmu agama, praktik keberagamaan dan magang usaha ekonomi mandiri milik
pesantren.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Bhakti Priawan
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:36
Last Modified: 25 Jan 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18077

Actions (login required)

View Item View Item