Pola Religiusitas Pengamal Tarekat Tijaniyah di Kabupaten Jember.

Purwanto, Adi (2021) Pola Religiusitas Pengamal Tarekat Tijaniyah di Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Adi Purwanto_0829220004.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Pola Religiusitas, Tarekat Tija>niyah, Tasawuf. Di era modern saat ini banyak anak muda yang lebih mengedepankan kehidupan yang bersifat duniawi.. Hal ini menjadi sesuatu yang dipandang lumrah di zaman modern saat ini. Selain itu mereka juga mengalami kehidupan bebas tanpa arah sehingga terjadi kemerosotan moral. Melihat pada Sejarah, Pada Abad XX terjadi kebangkitan Spiritual atau disebut dengan Spiritual Revival diberbagai wilayah. Munculnya gerakan ini merupakan dampak dari globalisasi dan modernisasi yang bersifat keduniawian.. Salah satu gerakan yang di anggap paling menonjol pada Abad XX dan awal Abad XXI adalah gerakan New Age Movement. Aliran Tasawuf yang berkembang di Indonesia salah satunya adalah Tarekat Tijaniyah, Tarekat ini dapat menjadikan pedoman bagi manusia sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui zikir-zikir. Guna untuk membendung pengaruh globalisasi dan modernisasi. . Berangkat dari konteks penelitian di atas penulis meneliti lebih jauh tentang Tarekat Tija>niyah dan mengangkat kedalam karya tulis yang berjudul ‘’Pola Religiusitas pengamal Tarekat Tija>niyah di Kabupaten Jember. Dari tesis ini fokus pada: (1) Bagaimana pemahaman pengikut tarekat Tija>niyah terhadap ajaran tarekat tija>niyah? (2) Bagaimana pengamalan Tarekat Tija>niyah di Jember? (3) Apa yang melatarbelakangi pengikut Tarekat Tija>niyah menjadi pengamal? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis dengan subyek penelitian purposive sampling Temuan penelitian ini adalah: Pola Religiusitas adalah dengan cara membiasakan sikap Istiqamah mengamalkan wirid Tarekat Tija>niyah berdasarkan tuntutan dalam Agama Islam. salah satunya yang dilakukan para pengamal tarekat Tija>niyah untuk mendapatkan ketenangan dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:13
Last Modified: 25 Jan 2023 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18078

Actions (login required)

View Item View Item