Strategi Menghafal Al-Qur’an Juz ‘Amma melalui Metode Hafal Tanpa Menghafalkan Di Madrasah Diniyah Raudlatul Mubtadi’in Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun 2016.

Afrah, Afafatul (2016) Strategi Menghafal Al-Qur’an Juz ‘Amma melalui Metode Hafal Tanpa Menghafalkan Di Madrasah Diniyah Raudlatul Mubtadi’in Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afafatul Afrah_084121343.pdf

Download (6MB)

Abstract

Afafatul Afrah, 2016: Strategi Menghafal Al-Qur’an Juz ‘Amma melalui Metode Hafal Tanpa Menghafalkan Di Madrasah Diniyah Raudlatul Mubtadi’in Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun 2016. Metode ini menarik karena pemanfaatanya menggunakan tools yang belum pernah sebelumnya yaitu menggunakan media digital. Para santri menghafal al-Qur’an dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini seperti multimedia dan smartphone, aplikasi. Sehingga peneliti merasa tetarik untuk mengankat judl skripsi ini. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi menghafal al-Qur’an juz ‘amma melalui metode hafal tanpa menghafalkan di Madrasah Diniyah Raudlatul Mubtadi’in Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun 2016?.Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi menghafal al-Qur’an juz ‘amma melalui metode hafal tanpa menghafalkan di Madrasah Diniyah Raudlatul Mubtadi’in Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian menggunakan purposive.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah model analisis interaktif menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat dikemukakan kesimpulan, 1) perencanaan strategi menghafal al-Qur’an melalui metode HATAM (hafal tanpa menghafalkan) di Madrasah Diniyah Raudlatul Mubtadi’in Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun 2016 adalah menentukan tujuan pembelajaran, menentukan alokasi waktu, membagikan rapor HATAM dan menentukan media.2) Pelaksanaan strategi menghafal al-Qur’an melalui metode HATAM (hafal tanpa menghafalkan) di Madrasah Diniyah Raudlatul Mubtadi’in Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun 2016 berjalan dengan baik dan menggunakan berberpa langkah yaitu Baca, Install dan sempurnakan. Evaluasi strategi menghafal al-Qur’an melalui metode HATAM (hafal tanpa menghafalkan) di Madrasah Diniyah Raudlatul Mubtadi’in Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun 2016 menggunakan tiga metode yaitu tasmi’ (mendengarkarkan), takrir (mengulang) dan halaqoh mudarasah (qira’ah berkelompok).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160899 Sociology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diah Magang
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:13
Last Modified: 25 Jan 2023 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18079

Actions (login required)

View Item View Item