Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Film 99 Cahaya di Langit Eropa

Maulana Farhan, Hakiki (2022) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Film 99 Cahaya di Langit Eropa. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
maulana farhan hakiki watermak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maulana Farhan Hakiki. 2022. Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Film 99 Cahaya di Langit Eropa

Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Film 99 Cahaya di Langit Eropa.

Pendidikan Islam adalah suatu komponen inti dalam dunia pendidikan. Manusia membutuhkan bukan hanya pengetahuan saja tapi juga kekuatan spiritual keagamaan dengan tujuan ialah terciptanya manusia yang berakhlak mulia agar terbentuk manusia seutuhnya (insan kamil) sesuai dengan norma Islam. Banyak media pembelajaran yang dapat digunakan oleh pendidik mulai dari media elektronik atau non-elektronik, media visual, media audio dan media audio visual. Salah satunya dengan film. Saat ini telah banyak film-film yang mengandung unsur pendidikan agama Islam yang berpegang pada Al-Qur’an dan Hadits. Salah satu film yang mengandung nilai-nilai pendidikan agama Islam ialah film 99 Cahaya di Langit Eropa karya sastra Hanum Salsabila Rais dan Rangga Almahendra.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam aspek akidah yang terkandung dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa?, 2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam aspek syariah yang terkandung dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa?, 3) Bagaimana nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam aspek akhlak yang terkandung dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa?.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam aspek akidah yang terkandung dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa, 2) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam aspek syariah yang terkandung dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa, 3) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam aspek akhlak yang terkandung dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa.
Adapun pendekatan penelitian skripsi ini adalah analisis isi kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi semantik. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa dokumen, karena dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode analisis Hermeniotika. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data atau triangulasi sumber.
Hasil penelitian yaitu: (1) Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa, yaitu (a) Nilai pendidikan aqidah/keimanan: ajaran untuk beriman kepada Allah, meyakini adanya malaikat Allah, iman kepada qada’ dan qadar, (b) Nilai pendidikan syari’ah: nilai ibadah dan nilai muamalah, (c) Nilai pendidikan akhlak: akhlak berbicara yang baik, akhlak berhubungan dengan beda agama, akhlak untuk saling memaafkan, akhlak untuk saling tolong menolong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulidia Harum Adibah
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:24
Last Modified: 27 Jan 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18088

Actions (login required)

View Item View Item