PENERAPAN PEMAKNAAN ARAB PEGON KITAB TAKLIMUL MUTA`ALIM DI MADIN TAKMILIYAH NAHDLATUTH THALABAH, WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MUHAMMAD FIKRI SYAIFUL LAILI, 084121398 (2016) PENERAPAN PEMAKNAAN ARAB PEGON KITAB TAKLIMUL MUTA`ALIM DI MADIN TAKMILIYAH NAHDLATUTH THALABAH, WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Muhammad Fikri Syaiful Laili,2016 : Penerapan Pemaknaan Arab Pegon Kitab
Taklimul Muta`alim Di MADIN Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah ,Wuluhan
Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Pendidikan merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan
pemahaman santri dan diperlukan adanya totalitas kinerja guru/ustadz, untuk
mendukung keberhasilan pendidikan sebagai faktor penentu tercapainya tujuan
pembangunan nasioanal. Oleh karena itu, dunia pendidikan membutuhkan
pendidik yang professional dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini berkenaan
dengan aspek individual peserta didik yang pada dasarnya berbeda-beda, sehingga
guru/ustadz hendaknya mampu mengenali dan mengembangkan kemampuan serta
meningkatkan pemahaman masing-masing individu sesuai dengan karakternya.
Pemaknaan arab pegon merupakan kegiatan belajar santri dengan cara
memaknai kitab kuning arab menggunakan bahasa jawa yang ditulis
menggunakan huruf arab dengan cara mendengarkan seorang ustadz/kyai yang
membacakan makna kitab kuning. Dengan penerapan arab pegon diharapkan
dapat meningkatkan pemahaman santri seperti pemahaman kognitif, afektif dan
psikomotorik. Karena pembelajaran dapat dimaknai sebagai tahapan perubahan
perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik yang terjadi dalam diri peserta didik
termasuk santri.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan penerapan
pemaknaan arab pegon kitab Taklimul Muta`alim di MADIN Takmiliyah
Nahdlatuth Thalabah tahun pelajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimana evaluasi
penerapan pemaknaan arab pegon kitab Taklimul Muta`alim di MADIN
Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah tahun pelajaran 2015/2016 ?.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan bagaimana
pelaksanaan penerapan pemaknaan arab pegon kitab Taklimul Muta`alim di
MADIN Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah tahun pelajaran 2015/2016. (2) Untuk
mendeskripsikan bagaimana evaluasi penerapan pemakaan arab pegon kitab
Taklimul Muta`alim di MADIN Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah tahun pelajaran
2015/2016.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek
penelitian menggunakan purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Metode
analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dan keabsahan data menggunakan
teknik triangulasi data yang meliputi trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.
Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan
pembelajaran menggunakan penerapan pemaknaan arab pegon kitab taklimul
muta`alim di MADIN Takmiliyah Nahdlatuth Thalabah selama proses
pembelajaran berlangsung dengan baik, santri memaknai kitab menggunakan arab
pego dengan menggunakan ruju` serta singkatan singkatan tertentu untuk
memepermudah dalam memakanai dan memahami kitab Taklimul Muta`alim.
Pelaksanaan pembelajaran menggunakan arab pegon dialaksanakan dengan cara
bandongan, yaitu dimana ustadz membacakan isi kitab menggunakan makna jawa
viii

atau makana gandul arab pegon kemudian santri menulis makna sesuai yang di
bacakan oleh ustadznya. Serta dengan cara sorogan, yaitu santri membaca kitab
Ta`limul Muta`alim yang telah mereka maknai di hadapan ustadz secara
bergantian, sehingga santri mampu memahami dan mengerti kitab yang mereka
pelajari. 2) Evaluasi pembelajaran penerapan pemaknaan arab pegon kitab
Ta`limul Muta`alim menggunakan evaluasi formatif dan sumatif, evaluasi
formatif meliputi siswa bergiliran membaca kitab Taklimul Muta`alim yang telah
mereka maknai menggunakan ruju` yang disesuaikan dengan marje`nya dan
singkatan-singkatan yang ada serta ustadz memberikan kesempatan santri setiap
akhir pembelajaran untuk bertanya atau sebaliknya ustadz yang memberikan
pertanyaan kepada santri terkait pelajaran yang dipelajari. Sedangkan evaluasi
Sumatif meliputi ujian tengah semester yang dilaksanakan di pertengahan
semester dimana santri mengerjakan soal essay dan ujian akhir semester yaitu
santri mengerjakan soal pilihan ganda, evaluasi yang disajikan menggunakan
bahasa huruf arab pegon secara keseluruhan

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: PEMAKNAAN ARAB PEGON
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:47
Last Modified: 31 Oct 2017 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item