Pembentukan Keluarga Sakinah Perspektif Ayah Tiri (Studi Kasus Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi)

Azmie, Naqib (2023) Pembentukan Keluarga Sakinah Perspektif Ayah Tiri (Studi Kasus Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NAQIB AZMIE_S20171076.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Naqib Azmie, 2023. Pembentukan Keluarga Sakinah Perspektif Ayah Tiri (Studi Kasus Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi).

Kata kunci: Pembentukan, Keluarga Sakinah, Perspektif Ayah Tiri.

Pernikahan seorang laki-laki beserta wanita yang telah memiliki anak adalah sebuah tantangan besar. Di samping mesti mengurus anak-anak dari istrinya, di pandangan masyarakat ayah tiri kerap dianggap sebagai sosok yang kejam dan seringkali tersebar berita terkait perlakuan ayah tiri kepada anak tiri yang negatif. Selain itu, kewajibannya sebagai kepala keluarga yang harus memberi nafkah kepada keluarga, tentunya membuat ayah kurang mempunyai waktu yang cukup banyak dengan keluarganya. Dan menjaga komunikasi adalah salah satu cara supaya keluarga tetap utuh.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya pembentukan keluarga sakinah yang dilakukan oleh ayah tiri di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi? 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi upaya pembentukan keluarga sakinah pada keluarga tiri di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi?.
Untuk mengidentifikasikan permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yakni penelitian yang dilakukan ditengah-tengah masyarakat maupun anggota tertentu. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Peneliti menemukan bahwa dalam menjalankan kehidupan rumah tangga antara ayah tiri dan anak tiri terkendala beberapa masalah. Namun permasalahan tersebut tidak mengurangi hubungan harmonis antara ayah tiri dan anak tiri. Hal ini dikarenakan antara ayah tiri dan anak tiri sudah saling menerima satu dengan yang lain, ayah tiri tidak membuat perbedaan antara anak tiri dengan anak kandung dan juga komunikasi yang dijalin sudah sangat baik. Di sisi lain ayah tiri juga memberi didikan kepada anak tirinya sebagaimana didikan kepada anak kandungnya semisal halnya dalam hal memerintahkan sholat, mengaji, bertatakrama serta dipondokkan untuk belajar ilmu agama. Dari pernyataan tersebut juga dapat disimpulkan bahwa para ayah tiri sungguh-sungguh ingin tujuan dari pernikahan itu sendiri terwujud, yaitu menciptakan keluarga sakinah. 2) Dari beberapa relasi pembentukan keluarga sakinah perspektif ayah tiri di Desa Kalibaru Wetan Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi, didapatkan beberapa implikasi akan upaya membentuk keluarga sakinah sebagaimana berikut: membuktikan pandangan masyarakat tentang kejamnya ayah tiri terhadap anak tiri adalah sepenuhnya tidak benar, dan anak tiri bisa menerima dengan tangan terbuka hadirnya orang tua tiri, namun ayah tiri harus sadar bahwa ia tidak bisa menjadi ayah kandung anak tirinya, dan membuang rasa takut anak tiri kepada ayah tiri, menyadari betapa pentingnya peran ayah tiri dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Men Naqib Azmie
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:11
Last Modified: 27 Jan 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18101

Actions (login required)

View Item View Item