Afifudin, Ahmad (2019) Strategi Penetapan Harga Jual Batu Bata Di Desa Patempuran Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ahmad Afifudin_E20152110.pdf Download (5MB) |
Abstract
Dalam konsep pemasaran, ada empat hal penting yang perlu diperhatikan yaitu produk, harga, promosi dan tempat. Harga merupakan komponen penting atas suatu produk, karena akan berpengaruh pada laba, sedangkan elemen lain mewakili biaya. Penetapan harga jual dianggap penting dari kegiatan perusahaan karena dapat melihat seberapa besar laba yang akan dihasilkan perusahaan dari penjualan. Industri batu bata merupakan usaha rumah tangga yang memiliki perkembangan pesat khususnya di Desa Patempuran Kecamatan Kalisat. Hal ini tidak terlepas dari fungsinya sebagai salah satu kebutuhan pokok masyarakat untuk membangun rumah, kantor, dan lain-lain. Penetapan harga pada industri batu bata ini juga penting dianalisa karena disamping untuk meningkatkan laba yang diperoleh, mengingat jumlahnya yang terus bertambah serta faktor minat dan ketertarikan pada produk juga akan mempertimbangkan penetapan harga tersebut. Oleh karena itulah, dalam penelitian ini bermaksud untuk mengetahui strategi yang digunakan pengrajin batu bata dan faktor yang menjadi pertimbangan dalam menetapkan harga jualnya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi penetapan harga jual batu bata di Desa Patempuran Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember? (2) Faktor apa saja yang menjadi pertimbangan pengrajin batu bata dalam menetapkan harga jual batu bata? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi penetapan harga jual batu bata di Desa Patempuran Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pengrajin batu bata dalam menetapkan harga jual batu bata. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam menentukan sumber data menggunakan teknik purposive, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) Strategi yang digunakan pengrajin batu bata dalam menetapkan harga jual batu bata ialah menggunakan strategi penetapan harga berdasarkan pesaing dan biaya. (2) Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam penetapan harga ialah faktor biaya, faktor harga pesaing, dan faktor cuaca. Kata Kunci: Strategi Penetapan Harga Jual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 02:48 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 02:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18102 |
Actions (login required)
View Item |